Rapat Koordinasi Virtual Dosen Agama Islam Universitas Indonesia

FOKUSATU-Dosen-Dosen Agama Islam Universitas Indonesia mengadakan rapat koordinasi virtual pemantapan pembelajaran semester gasal.Ahad/13 September 2020.

Pembelajaran Agama Islam di UI untuk semester ini memberlakukan sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Pembelajaran yang secara kalender akademik akan dilaksanakan Senin, 14 September 2020 . 

Koordinator Dosen Agama Universitas Indonesia Drs. Mujilan, M.Ag menjelaskan teknis pembelajaran tidak diharuskan menggunakan template atau satu media yang tetap, namun menyesuaikan dengan kesepakatan dosen dengan mahasiswa. yang penting tujuan pelaksanaan pembelajaran tetap terlaksana.

Mujilan juga menerangkan tidak ada kebijakan kompensasi untuk kuota bagi dosen maupun mahasiswa. Jadi kebijakan dan kesepakatan dari dosen sangat diperlukan.
Yang terpenting pembelajaran tetap telaksana dengan baik dengan tidak membatasi penggunaan media pembelajaran.
Rapat ini diikuti oleh seluruh dosen agama Islam Universitas Indonesia sebanyak 25 orang dan juga perwakilan dari Pengelola Mata Kuliah Umum (PMU). Adapun acara ini dimoderatori oleh Sayyid Muhammad Yusuf Aidid, S.Pd, M.Si.

Sementara Perwakilan dari Pengelola Mata Kuliah Umum (PMU) Universitas Indonesia Aris Gustiar menyampaikan bahwa untuk koordinasi dan juga kemudahan pada pertemuan pertama pembelajaran pihaknya meminta para dosen untuk menyerahkan akun Google Meet untuk selanjutnya dishare ke Siakng UI (akun Mahasiswa UI) sehingga mahasiswa mudah untuk berkomunikasi dengan dosennya pada pertemuan pertama perkuliahan.

“Pihak kampus berharap para dosen meskipun di tengah pembelajaran jarak jauh ini tetap mengutamakan profesionalitas terutama dalam hal pertanggungjawaban penilaian terhadap mahasiswa. Jangan sampai ada komplen yang buruk terkait nilai akibat kurang teliti dan objektifnya penilaian”. Ungkap Aris.

Dalam kesempatan ini juga Aris menyarankan agar para dosen menggunakan platform yang memudahkan bagi dosen sendiri dan mahasiswa. Sehingga tujuan pembelajaran tetap terlaksana dengan baik. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *