Wage Wardana : Buku Roller Coaster Pemilu (Catatan Pemilu 2019 di Jakarta Timur) Terbit

FOKUSATU-Ketua KPU Kota Jakarta Timur, Wage Wardana pada tanggal 18 Agustus 2020 akhirnya menerbitkan buku Roller Coaster Pemilu (Catatan Pemilu 2019 di Jakarta Timur). Proses penulisan naskah memerlukan waktu Dua bulan, yaitu bulan Januari Dan February 2020.

Motivasi penerbitan buku Ada Dua Hal, pertama melimpahnya dokumen Dan foto mengenai pemilu serentak 2019, baik di Komputer maupun smart phone penulis. Kedua, pandemi turut membuat penulis menjadi lebih fokus dalam menyelesaikan naskah.

Buku ini menggambarkan mengenai Roller Coaster KPU Kota Jakarta Timur dalam menyelenggarakan pemilu serentak pada tahun 2019. Roller Coaster bukan hanya penilaian mengenai kinerja, tetapi juga menggambarkan suasana kebatinan dari penyelenggara ketika melaksanakan Tahapan Pemilu 2019. Ketika melaksanakan Tahapan kadang Kita merasa berada di posisi atas, contoh KPU Kota Jakarta Timur mendapatkan predikat KPU terkompak dalam salah satu event KPU DKI Jakarta, kadang Kita merasa dibawah ketika melaksanakan pleno tingkat kecamatan kami mendapatkan ritme yang lambat dibeberapa kecamatan, sampai mendapatkan perpanjangan waktu dari KPU RI, namun pada akhirnya ketika mendapatkan predikat juara nasional pemilu akses KPU Kabupaten/ Kota se-Indonesia Kita kita merasa terangkat keposisi atas lagi. Itulah sekelumit gambaran Roller Coaster Pemilu di Jakarta Timur. Naik Dan turun, sedih Dan bahagia mewarnai periode tersebut.

Mudah- mudahan buku tersebut menjadi pemantik diskusi terkait pemilu serentak 2019 Dan menjadi bahan evaluasi supaya penyelenggaraan pemilu kedepan supaya lebih baik lagi, khususnya di Jakarta Timur.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada rekan komisioner Dan sekretariatan di KPU Kota Jakarta Timur, seluruh stakeholders seperti walikota, wakil walikota, kesbang Jakarta Timur, Dukcapil, Bawaslu, Parpol, hingga pps, ppk, kpps dan petugas pemutakhiran data Pemilih. Karena tanpa mereka buku ini tidak akan tersaji.

Pada buku tersebut akan Kita temukan, kata sambutan dari Ketua KPU RI 2016-2017 yaitu Juri Ardiantoro, demikian juga Ketua KPU DKI Jakarta yaitu Betty Epsilon Idroos, Dan Walikota Kota Jakarta Timur M. Anwar yang sudah memberikan kata sambutan.

Selain itu Kita Akan menemukan juga endorsement dari Ketua Netfid Indonesia Dahliah Umar, Wakil Walikota Uus Kuswanto, Kasuban Kesbangpol Jakarta Timur Hamid Mas’ud, Kasudin Dukcapil M. Nurrahman, Dan Ketua Bawaslu Jakarta Timur Sakhroji dalam buku tersebut. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *