Hillary Brigitta Lasut : Anak Muda Harus Bisa Manfaatkan Platform Digital Buatan Anak Bangsa

FOKUSATU-Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) , Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama anggota DPR RI Hillary Brigitta Lasut (Anggota Komisi I DPR RI) mengadakan webinar via Zoom Cloud Meeting,Forum Diskusi Publik dengan tema“Mendorong Semangat Karya Anak Muda dalam Problematika di Tengah Pandemi Covid-19″ .Rabu/ 22 Juli 2020

Anggota Komisi I DPR, Hillary Brigitta Lasut, SH., LL.M (Dapil Sulawei Utara dari Partai Nasdem) menyatakan bahwa anak muda masih bisa tetap produktif di tengah masa pandemi virus Corona (Covid-19). Menurut dia, pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada bidang kesehatan, melainkan ekonomi nasional.

Banyak usaha masyarakat terkendala karena harus tetap berada di rumah, pemotongan gaji, hingga pemutusan hubungan kerja (PHK).

Kendati demikian, tegas dia, kondisi ini tidak harus membuat kita berdiam diri dan terpuruk. Menurut dia, masih banyak peluang dan kesempatan agar anak muda bisa tetap mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara memanfaatkan teknologi digital.

Ia pun menyarankan beberapa hal yang bisa dilakukan anak muda agar tetap produktif selama massa pandemi ini. Salah satunya adalah dengan menulis jurnal yang berdampak bagi bangsa, negara dan masyarakat.
“Selain menghilangkan rasa bosan, menulis jurnal dapat memberi sumbangsih kepada bangsa dan negara melalui tulisan-tulisan yang dapat mengedukasi masyarakat yang membutuhkan,” kata nya

Selain itu, terang dia, kita juga bisa memanfaatkan hobi seperti memasak, membuat kue dan menjualnya secara online. Bagi yang mempunyai keahlian, jelas dia, kita bisa menjadi instruktur yoga atau aerobik secara online. Bahkan, kita bisa menjual jasa desain, edit foto, konten dan lainnya di platform-platform yang banyak tersedia saat ini. Bahkan bisa juga membuat forum kajian diskusi atau silaturahmi melalui aplikasi zoom atau membangun star up.

Selain itu, anak muda harus bisa memanfaatkan platform digital yang ada saat ini, khususnya platform buatan anak bangsa.
Ia memberi contoh salah satu platform karya anak bangsa yang bisa dimanfaatkan adalah titipku.com.

Di dalam aplikasi ini Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa memasarkan produknya secara online. Namun, pelaku UMKM yang rata- rata berusia lanjut biasanya mengalami kesulitan memasarkan produknya melalui platform online.
Disinilah peran anak muda untuk bisa membantu mereka dengan cara mengupload foto produk- produk UMKM tersebut. “Setiap ada transaksi pada produk foto yang kita upload, kita bisa mendapatkan Rp10.000,”

Menurut dia, ini adalah salah satu aplikasi anak bangsa yang bisa membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Ia pun menyebut akan membawa tim titipku.com ke Sulawesi Utara, khususnya Talaud untuk memberi edukasi masyarakat agar bisa memasarkan produk- produknya secara online.

Saat menyapa konstituennya di Sulawei Utara, terkhusus dari daerah 3T di kepulauan Talaut, Hillary tetap bisa menyapa meskipun melalui zoom meeting.

“Pertemuan Virtual ini tidak mengurangi makna silaturahmi kita. Melalui teknologi informasi dan komunikasi, telah tumbuh ruang kreativitas anak muda untuk tetap produktif dan berkarya,” ungkapnya.

Hillary juga menghimbau masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap program-program pemerintah dalam memberikan jaminan sosial di tengah pandemic ini bisa diserap maksimal oleh masyarakat, sehingga masyarakat dapat langsung merasakan kehadiran pemerintah melalui program-program untuk meningkatkan skill bagi generasi muda.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *