Syarief Hidayatullah (Pegiat Urban Farming) : Hidup Sehat Dengan Berkebun

FOKUSATU-Sehat merupakan dambaan setiap orang, apalagi ketika sakit sedang menimpa. Meskipun sakit yang diderita ringan, sebut saja seperti batuk, pilek, namun tetap saja hal tersebut sangat tidak diinginkan oleh siapa pun. Kenyataannya saat ini, kebanyakan dari kita hidup tanpa pola hidup yang sehat.

Sumber gangguan kesehatan itu berasal dari 4 aspek, yaitu makanan yang masuk ke dalam tubuh, tuntutan kehidupan (pekerjaan, keluarga, sosial) yang tinggi, manajemen waktu dalam aktifitas sehari-hari dan yang paling penting adalah pengkondisian jiwa.
4 aspek inilah yang menjadi kunci sehat.

4 Aspek tersebut pun didukung oleh perkembangan dunia yang tidak bisa kita hindari, yaitu canggihnya teknologi. Globalisasi atau informasi yang sangat mudah diakses, kini menjadi hal yang berpengaruh besar, ini tak terlepas dari gaya hidup saat ini.

Membagikan foto makanan enak yang belum tentu sehat, sharing tantangan atau lebih dikenal challenge yang membahayakan kesehatan bahkan nyawa, dan masih banyak lagi yang kita temui dalam dunia globalisasi saat ini. Hal tersebutlah yang sering kita jumpai. Kita pun tanpa sadar ikut menjadi pelaku, tanpa memedulikan kesehatan.

Dambaan untuk sehat itu, pada dasarnya bisa dilakukan oleh semua orang dengan sangat mudah. Bagaimanakah cara tersebut dan semudah apakah itu?. Dalam kesempatan ini penulis ingin berbagi, bahwa sehat dapat diraih dengan aktivitas berkebun.

Tahukah anda? Berkebun kini tidak lagi memerlukan lahan atau tanah yang luas, tidak perlu berada di desa atau dikampung. Kini berkebun bisa dilakukan dengan lahan sempit, diperkotaan atau nge-trend-nya disebut urban farming dan bahkan bisa dilakukan di atas rumah (rooftop).

Inilah fakta dari berkebun yang bisa menjadi motivasi anda.

1. Kesehatan fisik.
Fisik terdiri dari bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar yaitu yang menyangkut pada lemak, kalori, otot, dan koordinasi gerakan. Sedangkan fisik bagian dalam diantaranya kesehatan alat-vital yaitu jantung, lambung, otak, dan lain-lainnya. Kegiatan berkebun mengakomodir aktivitas sehat dari seluruh bagian tubuh atau fisik dari bagian luar dan dalam. Beberapa artikel, berdasarkan penelitian mengatakan bahwa diantara manfaat kesehatan fisik yaitu, menurunkan berat badan, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan otak dan mencegah alzeimer, dan tentunya kita bisa menentukan kualitas makanan yang akan dikonsumsi berasal dari kebun sendiri.

2. Kesehatan mental atau hati.
Disebutkan bahwa mental mengendalikan kesehatan dari suatu tubuh. Pepatah yang sering didengar yaitu “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Selain itu dalam haditsnya Rasulullah bersabda :

“Ketahuilah, sungguh di dalam tubuh itu ada segumpal daging. Jika daging tersebut baik, maka baiklah seluruh tubuh. Jika rusak, rusaklah seluruh tubuh. Ketahuilah, segumpal daging itu adalah Qalbu (jantung).” (HR. Bukhari dan Muslim).
Fakta mengatakan bahwa berkebun adalah treatment untuk merawat hati agar tetap sehat. Manfaat tersebut diantaranya mampu mengurangi tekanan (stress), kecemasan, dan meningkatkan kreativitas serta kesabaran.

3. Berkebun sebagai ladang amal kebaikan (ibadah). Berkebun merupakan kegiatan yang sangat bijaksana, berkebun sangat erat dengan sesama manusia, tanah, tanaman, air, cahaya (matahari), makanan, binatang atau lebih singkatnya mencakup seluruh ciptaan Allah subhanahu wata’ala. Dalam haditsnya Rasulullah menyampaikan dengan sangat jelas bahwa menanam pohon (termasuk berkebun) adalah salah satu perbuatan yang berlipat-lipat kebaikan (pahala) di dalamnya:

“Tak ada seorang muslim yang menanam pohon, kecuali sesuatu yang dimakan dari tanaman itu akan menjadi sedekah baginya, dan yang dicuri akan menjadi sedekah. Apa saja yang dimakan oleh binatang buas darinya, maka sesuatu (yang dimakan) itu akan menjadi sedekah baginya. Apapun yang dimakan oleh burung darinya, maka hal itu akan menjadi sedekah baginya. Tak ada seorangpun yang mengurangi, kecuali itu akan menjadi sedekah baginya.” (HR. Muslim)

Itulah manfaat berkebun bagi kesehatan yang bisa dirasakan, semoga menjadi kebiasaan dan gaya hidup kita semua. Dengan berkebun fisik menjadi sehat dan jiwa menjadi kuat. Karena yang menentukan sehat bukanlah orang lain, namun diri kita sendiri.

Selamat berkebun, selamat sehat lahir bathin. Baarokallah.(*)

Referensi bacaan :
1. Manfaat berkebun untuk kesehatan jiwa dan raga
https://www.sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/inspirasi-kesehatan/manfaat-berkebun-untuk-kesehatan-jiwa-dan-raga.html
2. 5 manfaat berkebun untuk kesehatan tubuh

5 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan Fisik dan Mental


3. Manfaat Berekbun bagi kesehatan tubuh dan pikiran
https://journal.sociolla.com/lifestyle/manfaat-berkebun-bagi-tubuh-dan-pikiran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *