KPU Kota Jakarta Timur Adakan Rapat Koordinasi Tentang Daftar Pemilih Berkelanjutan ke Tiga Bulan Mei 2020

FOKUSATU-Senin, 08 Juni 2020. KPU Kota Jakarta Timur mengadakan Rapat Koordinasi mengenai Daftar Pemilih Berkelanjutan ke Tiga Bulan Mei 2020,Turut hadir KPU Provinsi DKI Jakarta, Bawaslu Kota Jakarta Timur dan Dukcapil Kota Jakarta Timur.

Acara dimulai pada pukul 13.30 WIB. Paparan mengenai persiapan data dilakukan oleh Ketua Divisi Pemutakhiran Data Pemilih Tedi Kurnia. Beberapa poin yang disampaikan diantaranya adalah historical data Pemilih yang merupakan data Pemilih yang ditetapkan pada periode bulan sebelumnya ditambah Pemilih baru dikurangi Pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Item yang dijelaskan mengenai kategori Pemilih TMS adalah meninggal, TNI/Polri Dan pindah. Sedangkan item Pemilih baru adalah pendatang Dan pemula.

Sehingga didapatlah bahwa kategori Pemilih TMS meninggal sebanyak 5873, TNI /Polri 154, Dan pindah sebanyak 13.419. sedangkan pendatang sebanyak 7441 Dan Pemilih baru/Pemula sebanyak 10.492.

Selepas paparan Kadiv Data Pemilih, Plt. Kasudin Dukcapil Nurrahman menyampaikan bahwa ada beberapa poin, pertama menyampaikan apresiasi terkait kegiatan persiapan dan Pleno Data Pemilih Berkelanjutan Karena bisa meningkatkan kualitas Data Pemilih, Untuk koordinasi data kita terpola satu pintu yaitu ke Dinas Dukcapil DKI Jakarta, menyikapi adanya permintaan Data dari KPU wilayah, ketiga DPTHP3 dipadukan dengan sistem data Dukcapil sehingga nantinya akan muncul data meninggal, TNI/Polri, dan pindah, termasuk data Pemilih baru Dan Pendatang.

Sementara Bawaslu Jakarta Timur melalui Ketuanya yaitu Sakhroji menyampaikan KPU Jakarta Timur harus meningkatkan metode pencarian data DPK sehingga data DPK pemilu 2019 semakin maksimal masuk data Pemilih Berkelanjutan, maksimalisasi keterlibatan Stakeholder dan Bawaslu meminta data by name by address buat kepentingan analisis.

Kemudian Anggota bawaslu Jakarta Timur yaitu Ahmad S. Fajar menyampaikan pertanyaan mengenai teknis pendataan TNI/Polri Dan potensi Pemilih Pemula di Dukcapil dan di KPU Jakarta Timur. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *