Dr Supangat,MA : Saling Memafkan Di Saat Halal Bihalal

FOKUSATU-Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, oleh karena itu maafkanlah kami. 

Senada dengan doa (diatas) yang rutin dibaca saat ramadhan kemarin hingga momen Halal Bihalal, Allah juga berfirman dalam al Quran ‘Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.’ (QS Ali Imran:133). Juga diayat lain ‘tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.’ (QS al-Anfal : 33).

Kegiatan saling memaafkan ini biasa dilakukan dalam tradisi Islam di sekitar Asia Tenggara (Islam Nusantara) hingga momen ujungnya di Halal Bihalal. Aktifitas ini dilakukan hampir disemua komunitas, baik itu perusahaan, lembaga pendidikan, pemerintahan hingga di RT/RW, bedanya di masa pandemi covid-19, aktifitasnya berbentuk online atau livestreaming melalui youtube dan lainnya.

Di acara Halal Bihalal Sekolah Teratai Putih Global Bekasi, penulis memberikan tausyiah dengan menjelaskan 3 hal yang penting di momen halal bi halal Syawal 1441 H ini yaitu, Pertama, Memaafkan antar diri, yang sudah biasa dilakukan di saat halal bihalal sebelumnya, karena dipastikan ada salah yang sengaja atau tidak dillakukan oleh manusia ke manusia lainnya apalagi disatu lembaga yang sering bertemu. Kedua, Memaafkan antar keluarga, karena di masa pandemi ini banyak keluarga lain yang harus keluar rumah untuk mencari nafkah, padahal sangat berpotensi menyebarkan covid-19, untuk keluarga yang bisa bekerja di rumah (dirumah saja) harus memaafkan mereka yang harus keluar, disinilah ayat ke 32 Al Quran surat al Zukhruf menjadi inspirasi dan solusi bagi kita . Ketiga, Memaafkan kepada pemimpin bangsa yang akan menerapkan masa New Normal walau data Covid-19 belum menunjukkan penurunan yang signifikan malah cenderung naik, karena kita perlu hargai upaya pemerintah pusat yang kuwalahan menggelontorkan dana yang jika dikumpulkan dari pemerintah pusat, propinsi, kabupaten/kota kemungkinan ribuan triliun serta pemerintahlah yang secara dominan mendidik kita untuk penggunaan masker, menjaga jarak & cuci tangan dengan sabun

Ketiga hal tersebut menjadi identitas Halal Bihalal dimasa pandemi Covid-19 ini, semoga memberikan manfaat,Wallahua’lam bishowab.

Penulis :  Dr. Supangat MA;
Team ISCo (Islamic School Consulting)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *