Agus Fatah : Membangun Kesadaran Generasi Masa Kini Dalam Menjaga Bumi

FOKUSATU-Membangun kesadaran bahwa manusia adalah wakil Allah di bumi (kholifatullah fiil ardhi) yang diberi amanah untuk memakmurkan bumi harus ditumbuhkan sejak usia dini.

Tugas memakmurkan bumi itu meliputi 3 hal yakni:

Pertama, I’TIBAR: kemauan dan kemampuan untuk mempelajari, memahami, mengambil hikmah dan mensyukuri penciptaan bumi oleh Ilahi.

Kedua, INTIFA : kemauan dan kemampuan
untuk mengambil manfaat dengan bijak apa yang ada dibumi sesuai petunjuk yang telah Allah Swt gariskan melalui firmanNya dan sunnah RasulNya

Ketiga, ISLAH: kemauan dan kemampuan
menjaga, memelihara, melindungi, memperbaiki bumi agar tetap lestari.

Berdasarkan hal tersebut diatas maka kami membuat After School Program di Annahl Ecopark untuk siswa SD dan SMP yang kami beri nama JEco, singkatan dari Junior Ecopreneur.

Di JEco, kami mengemas aktifitas aktifitas yang mampu menumbuhkan kesadaran akan peran dan tanggung jawab generasi masa kini dalam pelestarian bumi.

Aktifitas di JEco meliputi aktifitas Deep Thinking, Sharing-Inspiring, dan Acting.
Aktifitas Deep Thingking diarahkan agar para peserta JEco memiliki wawasan dan kesadaran pentingnya menjaga dan melestarikan bumi, sedangkan aktifitas Sharing-Inspiring diarahkan agar para peserta terinspirasi dari para tokoh dan pengusaha yang peduli lingkungan untuk berbuat sesuatu dalam usaha melestarikan bumi.

Dan aktivitas Acting, berupa kegiatan kongkrit yang dilakukan oleh anggota JEco dalam usaha pelestarian bumi seperti berkebun, membuat komposter, ecobrik, lubang biopori melakukan pembibitan tanaman, mengenal dan menanam tanaman langka, tanaman obat, tanaman bunga, mengamati fauna dan memelihara hewan, dengan rumus “Think Globally Act Locally.”

Annahl Ecopark yang berlokasi di daerah Ciangsana, gunung putri Bogor, adalah sebuah kawasan pendidikan dan konservasi seluas 2,5 hektare menjadi based campnya JEco. Para JEcolovers (panggilan untuk anggota JEco) bertanggung jawab terhadap keasrian dan kelestarian ecopark sebagai pilot projectnya dalam upaya memakmurkan bumi.

Dengan yel yel,
“Kita Jaga Bumi
Allah jaga kita, insya Allah para JEcolovers akan menjadi generasi mandiri dan peduli pada bumi yang dilandasi prinsip dan nilai islami

“Ya Allah ya Robbi, bimbing kami, keluarga kami, murid-murid kami, masyarakat kami, para pemimpin kami agar pandai bersyukur, pandai memanfaatkan dengan bijak, pandai menjaga dan memperbaiki bumi agar tetap lestari. Aamiin….

Penulis : Agus Fatah
( Inisiator Junior Ecopreneur)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *