Ada Apa Simpul Indonesia Dideklarasikan?

FOKUSATU-Selompok anak muda akan mendeklarasikan Simpul Indonesia (SI) dalam waktu dekat ini. Mereka terdiri dari Muzakkir Djabir, Azwar Muhammad, Atiq Tajuddin, Ma’ruf Asli Bhakti, Syahrul Dasopang, dan Adib Amrullah. Menurut Azwar Muhammad, Simpul Indonesia adalah jawaban atas tantangan Indonesia ke depan di tengah pergolakan dunia dan persaingan Amerika dan China yang makin menghawatirkan. “Indonesia harus kuat dan masyarakatnya harus bersatu padu, supaya tidak lemah dan bimbang di tengah jepitan kepentingan geopolitik,” ungkap Azwar Muhammad.

Deklarasi SI akan dilaksanakan di Bogor, SMA IT Gunung Geulis, 6 Juni 2020 pukul 11.00 WIB.

Generasi muda yang terdiri dari beragam profesi dan latar belakang pekerjaan ini, meyakini bahwa masa depan Indonesia akan cerah dan semakin menjanjikan.

“Kami secara sadar memilih dalam melihat Indonesia secara optimis sebagai suatu peluang dan oportunity yang besar ke depan. Kami tidak mau terjebak melihat Indonesia dengan kacamata pesmis,” ujar salah seorang pendirinya, Muzakkir Djabir.

Menurut Atiq Tajuddin, yang juga salah seorang pencetus, Simpul Indonesia tercetus dilatari oleh keinginan agar potensi tidak berserak, tetapi terkoneksi satu sama lain agar berdaya dan tumbuh bersama di tengah peluang masa depan Indonesia yang besar.

Sementara Syahrul Efendi Dasopang, yang juga merupakan direktur The Indonesian Reform Institute, melihat kehadiran Simpul Indonesia dari segi prospek ekonomi dan stabilitas politik Indonesia. “Jika Indonesia stabil secara politik dan tingkat pertumbuhannya tetap terjaga, satu dekade ke depan, Indonesia akan menjadi negara favorit investasi dan negara yang paling diperhitungkan. Asal kepemimpinan nasional baik-baik terus. Kami sebagai generasi muda, sudah tentunya ambil bagian dan peranan yang proporsional dari peluang ekonomi nasional yang tersedia. Kami ingin setiap peluang dapat kami nikmati,” kata Syahrul Efendi Dasopang.

Kronologi Terbentuknya SI

Sebelum menjelma menjadi SIMPUL INDONESIA (SI), gagasannya tercetus pada 10 Maret 2020 dengan nama Jasira (Jaringan Simpul Rakyat). Kemudian pada pertemuan buka puasa bersama, di Bekasi, 11 Mei 2020, mengkristal menjadi Simpul Indonesia. Syahrul Efendi Dasopang, Muzakkir Djabir, Azwar Muhammad, Atik Tajuddin, Ma’ruf Asli Bhakti, Adib Amrullah, dan Ajat Sudrajat merupakan inisiator dari Simpul Indonesia (SI).

SI dirancang berbasis wilayah dan kesamaan profesi dan usaha.

Secara berjenjang, SI dibentuk dari pusat hingga kecamatan. Setiap jenjang dibentuk simpul-simpul berbasiskan kesamaan profesi dan usaha.

Misalnya di provinsi Jawa Barat, di bentuk presidium SI Jawa Barat, tetapi di dalam SI Jawa Barat itu pula ada Simpul Pengusaha, Simpul Akademisi, Simpul Guru, Simpul Kyai, Simpul Wakil Rakyat, Simpul Penggiat Pendidikan, Simpul Petani, dsb sesuai kebutuhan dan karakteristik wilayah yang bersangkutan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *