FORMASI FIB UI Menggelar Kajian Islam Virtual Bersama Sayyid Muhammad Yusuf Aidid

FOKUSATU-Pada Ramadhan tahun ini kajian Islam berbasis virtual semakin diminati masyarakat. Pasalnya kajian tersebut digelar karena dampak dari pandemik Covid 19.

Salah satu forum kajian keislaman di Universitas juga turut mengadakan acara serupa. Salah satunya Forum Amal dan Studi Islam (FORMASI) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) menggelar Kajian Virtual dengan mengundang Sayyid Muhammad Yusuf Aidid, S.Pd, M.Si, Dosen Agama Islam Universitas Indonesia dan PNJ.

Kajian tersebut menggunakan media Instagram, media yang digandrungi oleh generasi Z. 

Sayyid Yusuf menjelaskan bahwa pentingnya mahasiswa-mahasiswi untuk meningkatkan ibadah di sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan. Sebab pada fase terakhir di bulan tersebut merupakan fase yang menyimpan rahasia-rahasia ilahiah.

Hal tersebut berhubungan dengan lailatul qadar, dimana pada malam tersebut dirahasiakan oleh Allah. Karena pada malam tersebut ibadah manusia setara dengan ibadah seribu bulan.

Namun demikian para tabi’in, tabi’ina tabi’in, dan ulama salafuna salih menyebutkan malam jatuhnya lailatul qadar. Seperti Abu Dzar al-ghifari dan Hasan bin Ali bin abi Thalib mengungkapkan bahwa lailatul qadar jatuh pada malam ke dua puluh lima Ramadhan.

Lain halnya, Sayyidina Abdullah bin Abbas yang mengatakan bahwa malam lailatul qadar pada malam ke dua puluh tujuh di bulan Ramadhan. Imam Syafi’I yang mengatakan bahwa lailatul qadar jatuh pada malam ke dua puluh satu Ramadhan. Sedangkan Imam Malik mengatakan bahwa sepuluh malam akhir di bulan Ramadhan kesemuanya adalah malam lailatul qadar. Sehingga umat muslim menanti malam tersebut dengan menjaganya lewat medium ibadah.

Diantara mereka, ada yang menjaga dari awal Ramadhan, ada yang menjaga pada sepuluh malam terakhirnya, ada yang menjaga pada malam-malam ganjil pada sepuluh malam terakhirnya.

Sayyid Yusuf menambahkan jika mahasiswa-mahasiswi mendapatkan malam tersebut maka mereka akan menjadi pribadi yang istiqomah (konsisten) di dalam beribadah dan disiplin di dalam menjalaninya setelah bulan Ramadhan. Acara dipandu oleh host Muhammad Fahd, Mahasiswa Sastra Arab FIB UI sekaligus menduduki jabatan Ketua Departemen Qur’an Centre FORMASI FIB UI.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *