DPW ADPISI Jabodetabek Bekerjasama Dengan Masjid Namira Adakan Talkshow Virtual Ramadhan dan Penguatan Pendidikan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19

FOKUSATU-Dewan Pimpinan Wilayah Asosisasi Dosen Pendidikan Agama Islam (DPW ADPISI) Jabodetabek bekerjasama dengan Masjid Namira Tebet, Jakarta Selatan mengadakan Talkshow Ramadhan online pada Rabu (13/5). Diskusi kali ini mengangkat tema “Ramadhan dan Penguatan Pendidikan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19” dan menghadirkan tiga narasumber yakni, Dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta sekaligus Wasekjen MUI Dr. Amirsyah Tambunan, MA, Dosen Agama Islam Universitas Negeri Jakarta sekaligus Sekjen Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam (ADPISI) Dr. Andi Hadiyanto, MA, serta Dosen Agama Islam Universitas Nasional (UNAS) Ummu Salamah, MA.

Dalam penyampainnya Amirsyah menjelaskan bahwa Pendidikan Keluarga merupakan madrasah pertama untuk membentuk karakter dalam rangka mewujudkan kader umat dan bangsa. Dengan kata lain rumah tangga merupan Medan pertarungan utama antara Islam dengan kezaliman dalam menghadapi pertarungan sosial.
keluarga memiliki peran kunci dalam membangun tatanan masyarakat Islami. Karena keluarga adalah Satuan sosial terkecil yang membentuk masyarakat. Oleh karenanya, keluarga harus menjadi fokus garapan untuk menjadi garda terdepan membentuk masyarakat Islami.” Terangnya.

Sementara itu, Ummu Salamah menyoroti terkait aspek perempuan. “bahwa perempuan memiliki peran yang sangat besar dalam mendidik anak anaknya dalam keluarganya. Dalam sebuah syair penyair ternama Hafiz Ibrahim pernah berkata: “Al umm madrasatul ula, iza a’dadtaha a’dadta sya’ban thayyibal a’raq.” Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik..” maka dari itu membentuk keluarga yang terbaik harus integral satu sama lain, perlu ada kerja sama antar semuanya, sehingga cita-cita terbentuknya keluarga Islami yang ideal dapat terwujud.

Sedangkan pemateri ketiga Andi Hadiyanto menyampaikan pentingnya koordinasi dan konsolidasi antar semua dan dalam segala aspek untuk membentuk dan membina keluarga yang Islami. Pemahaman terkait pendidikan agama yang cukup dari orang tua juga berpengaruh terhadap baiknya tatanan keluarga, Apalagi ditengah pandemi covid-19 peran dan ketenangan keluarga khususnya orang tua sangat penting demi menjaga stabilitas dan kondusifitas keluarga.

Dalam kesempatan tersebut juga host Sayyid Muhammad Yusuf Aidid, M.Si. menyampaikan bahwa DPW ADPISI Jabodetabek membuka donasi sebagai bentuk kepedulian terhadap Guru ngaji yang terdampak covid-19 dengan mentransfer melalui : Bank BNI Syariah (3050111110) An. ADPISI Jabodetabek. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *