Bawaslu DKI Jakarta Membuka Via Video Conference Kegiatan SKPP Daring Bersama Bawaslu Kota/Kabupaten Se DKI Jakarta.

FOKUSATU-Pembukaan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring DKI Jakarta.

Setelah dilakukan pengumumkan secara resmi daftar nama-nama yang telah memenuhi syarat sebagai Peserta Sekolah Kader Pengawas partisipatif (SKPP) Daring

Pada tanggal 2 Mei 2020 Bawaslu Provinsi DKI Jakarta membuka secara resmi SKPP Daring angkatan Pertama tercatat sebanyak 1.142 peserta.

Bertepatan dengan momentum Hari Pendidikan Nasional. Dipilihnya momentum hari pendidikan nasional sebagai launching SKPP Daring agar seluruh peserta dapat termotivasi untuk menyelesaikan seluruh proses SKPP Daring.

SKPP daring ini merupakan salah satu program Bawaslu, dalam meningkatkan pengawasan partisipatif, di tengah wabah virus Corona.

Meski dilaksanakan secara daring akan tetap berkualitas, dan berharap para peserta dapat secara serius dalam mengikuti SKPP Daring ini.

Ada tiga tahapan dalam pendidikan SKPP yang akan diikuti peserta sebagai berikut:

1. Pendidikan melalui Vidio Visual (tersedia di Bawaslu Chanel Youtube), yang dimulai sejak tanggal 5 – 30 Mei 2020. Terdapat 9 Materi yang akan dipelajari oleh Peserta SKPP yaitu: Pemilu dan Pilkada, Regulasi Pemilu dan Pilkada, Kerawanan Pemilu, Pengawasan Pemilu dan Pilkada, Mekanisme Penanganan Pelanggaran, Mekanisme Penyelesaian Sengketa Pemilu, Pengawasan Partisipatif, Strategi Kehumasan Kader Pengawas, Pemantauan Pemilu.

2. Forum Diskusi Daring,
Setelah pembelajaran audio visual, peserta SKPP daring akan difaslitasi Forum Diskusi Daring online dengan narasumber dari Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Expert Pemilu dan Bawaslu Kab/Kota Se-Provinsi DKI Jakarta.

3. Tahapan Ujian dan Evaluasi terhadap peserta SKPP Daring yang akan dilaksanakan sejak tanggal 17 – 30 Juni 2020.

4. Peserta SKPP Daring yang dinyatakan lulus tahap ujian dan evaluasi akan diberikan Sertifikat SKPP Daring dari Bawaslu RI.

Bawaslu Provinsi DKI Jakarta resmi mengumumkan peserta yang lolos dalam seleksi administrasi untuk mengikuti Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tahun 2020.

Puadi Komisoner Bawaslu DKI Jakarta mengatakan Dari 1.207 peserta yang mendaftar, 1.142 orang dinyatakan lolos seleksi dan berhak mengikuti seluruh kegiatan SKPP Daring Tahun 2020. Sabtu (2/5/2020) seluruh peserta yang sudah dinyatakan lolos seleksi akan mengikuti pembukaan secara resmi kegiatan SKPP Daring yang dilaksanakan oleh Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

Pembukaan Kegiatan SKPP Daring Tahun 2020 dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta dan turut dihadiri oleh Afifuddin Anggota Bawaslu RI serta akan disiarkan langsung di channel youtube resmi Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

Setelah pembukaan secara resmi kegiatan SKPP Daring, peserta selanjutnya akan mengikuti pembelajaran audio visual dan akan diberikan materi-materi mengenai dunia kepemiluan khususnya terkait dengan pengawasan.

Pada tahapan pembelajaran audio visual, peserta harus mengikuti seluruh materi sejumlah 10 topik yaitu:
1. Pemilu dan Pilkada;
2. Regulasi Pemilu dan Pilkada;
3. Kerawanan Pemilu;
4. Pengawasan Pemilu dan Pilkada;
5. Mekanisme Penanganan Pelanggaran;
6. Mekanisme Penyelesaian Sengketa Pemilu;
7. Pengawasan Partisipatif;
8. Strategi Kehumasan Kader Pengawas;
9. Pemantauan Pemilu;
10. Evaluasi.

Diakhir pembelajaran, peserta akan mengikuti proses evaluasi, untuk diberikan sertifikat bagi peserta yang dinyatakan baik selama proses pembelajaran audio visual.(AW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *