MAHDI : KRISIS VIRUS, KRISIS KEDAULATAN & KRISIS PANGAN DUNIA*

FOKUSATU-Krisis Pangan, Krisis Pakan, Krisis Kesehatan, Krisis Energi, Krisis Kedaulatan, Krisis Ekonomi*

1. *PANGAN*
Luas lahan dan produksi yang tidak seimbang dengan konsumsi. Apalagi luas lahan semakin menyusut dan bila musim kemarau tiba, dimana sistem ketersediaan air masih sangat kurang.
Salah satu solusi dari keterbatasan lahan dan air, adalah dengan menanam SORGHUM, JAGUNG, KEDELAI, PISANG, PORANG.

2. *PAKAN*
Produksi industri banyak terhenti. Limbah Jagung, kedelai, bungkil terbatas. Harga pakan jadi tinggi. Kemarau tiba, rumput menjadi kering.
Salah satu solusi, mulai sekarang belajar *memproses Silase.* Mengolah daun-daun, nengolah limbah. Membuat Pellet dan Silase, agar bisa tahan lama.
Juga budidaya Maggot dan bikin Pupuk Organik Mandiri dari Kohen.
Ini bisa bergunan untuk pakan Hewan Ternak : Sapi, Kambing, Unggas, Perikanan.

3. *KESEHATAN*
Saat ini, hampir semua orang di dunia berebut obat dan herbal. Salah satunya Vitamin C yang karena beberapa hal, menjadi sulit mendapatkannya. Kita hrs mulai buat Minuman INFUS untuk diri sendiri dan keluarga. Infus Jeruk + Jahe, untuk mendapatkan Vitamin C dan imun. Jus Wortel, Jus Jambu, dll.
Kita bisa mulai tanaman Herbal : Jahe, Sereh, Kunyit, Kapologo, Temulawak dan sayur mayur.
Kita bisa menanam di dalam media pot, halaman/pekarangan rumah.
Hasil panen bisa untuk keluarga. Selebihnya diolah menjadi Minuman Herbal atau Jamu : Wedang Uwuh, Jahe, dll.
Bisa untuk dijual dan kita bisa dapat tambahan pemasukan.

4. *ENERGI*
Hampir semua orang membutuhkan energi. Harga minyak dunia merosot. Tapi di negeri +62, anehnya harga BBM di umum tidak turun-turun.
Pemasukan mulai susah, harga BBM, LPG, Listrik, Air masih tinggi.
Kita mulai menanam
SORGHUM. Kita olah jadi Beras, Tepung, Pakan Ternak dan kita olah Batangnya dan Nira nya menjadi BIOETANOL.
Ada peluang juga, membuat Gula Sorgum, Bioetanol Sorgum dan buat LPG untuk kompor.

5. *KEDAULATAN*
Saat ini, dengan terus berdatangannya TKA, maka ketersediaan lahan yang ada menjadi incaran dan perebutan dengan kita. Lahan yang ada sekarang, adalah hasil jerih payah perjuangan jiwa raga para pendahulu, para syuhada kita dan juga merupakan titipan dari anak cucu kita.
Maka, sudah selayaknya, kita pertahankan sejengkal tanah yang kita miliki apapun alasannya. Kita jaga amanah harta, aset berharga yang ada pada kita.

6. *EKONOMI*
Pengangguran, inflasi, resesi, pertumbuhan ekonomi yang cenderung minus atau stagnan. Inilah persoalan pelik yang saat ini mulai menggejala.
Maka, sebaiknya, mulai sekarang, mulai manfaatkan *dana nganggur kita yang selama ini ngendap di bank* , untuk kegiatan : *berdagang, bertani, beternak*. Dan *amankan* sebagian simpanan dan aset kita dalam bentuk : *Lahan, Emas/dinar, Perak/dirham*.
Sebaiknya segera tarik sinmpanan kita di bank. Selain membebaskan kita dari riba bank, akan lebih *produktif dan manfaat* bila kita kelola dan amankan sendiri. Dan juga bisa bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang masih kurang beruntung.

*Mulai sekarang, Kita budi dayakan dan masyarakatkan semangat Kemandirian.*

*KITA PRODUKTIFKAN SEJENGKAL LAHAN DAN DANA YANG NGANGGUR, LAHAN TANDUS DENGAN PERTANIAN, PETERNAKAN, TANAM SORGHUM, PALAWIJA, PISANG, ANEKA BUAH, DLL.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *