Gandeng Lazisnu,Persada NU Salurkan Bantuan Untuk Guru Ngaji

FOKUSATU-Sebagai wujud kepekaan dan kepedulian sosial Persaudaan Persada Nusantara (PERSADA NU) menyalurkan bantuan untuk guru-guru ngaji yang terdampak Covid-19. Kegiatan tersebut dilaksanakan atas kerjasama Persada NU dan juga Lembaga Amil Zakat Nahdlatul Ulama (LAZISNU).

“Ketua Persada Hatim Gazali menjelaskan, Meskipun tidak banyak, bantuan ini setidaknya sedikit meringankan beban guru-guru ngaji di daerah. Rencananya bantuan ini akan disalurkan kepada guru-guru ngaji di seluruh Indonesia melalui jaringan persada NU yang sudah ada hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Hatim, kegiatan tersebut merupakan solidaritas Persada NU terhadap guru-guru ngaji yang terdampak wabah Covid-19, “bukan hanya ojol atau pekerja informal yang lain, guru-guru ngaji juga terdampak.” Ujarnya.

Sementara itu, Direktur Lazisnu Ajat Sudrajat menjelaskan, kerjasama bersama Persada dipandang perlu karena Persada NU mempunyai jaringan luas di seluruh Indonesia, selain itu juga lebih mudah karena sebagian pengurus persada dekat dengan guru-guru ngaji.

Ajat juga menjelaskan program ini merupakan kepedulian sekaligus kewajiban dari Lazisnu untuk menyalurkan dana dari para muzakki atau donatur yang mempercayakan kepada lembaga lazisnu, Imbuh Pria yang juga dosen Agama di salah satu perguruan tinggi di Jakarta.

Selain penyaluran bantuan kepada guru ngaji, Sebagai organisasi yg mewadahi para akademisi dan ulama, Persada NU juga mengadakan Focus Group Discussion (FGD) terkait dengan dampak Covid-19 terhadap sosial keagamaan sebagai bentuk tanggungjawab akademis.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *