Bawaslu Jakarta Timur Gelar Rakor Via Zoom Meeting Dengan KPU Jakarta Timur Perihal Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan

FOKUSATU-Rapat Koordinasi Zoom Meeting, Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan,
Bawaslu Kota Jaktim dengan KPU Kota Jaktim.

Berdasarkan Undang-Undang No.7 Tahun 2017 Pasal 14 menyatakan pada huruf l. KPU berkewajiban melakukan pemutahiran dan pemeliharaan data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan perundang-undangan. Pelaksanaan pemutahiran dan pemeliharaan data pemilih berkelanjutan dilakukan secara berjenjang dimulai dari KPU tingkat Kab/Kota dan KPU Provinsi dan KPU RI.

Berdasarkan SE KPU RI nomor 181/PL.02.1-SD/KPU/II/2020 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020, KPU Kabupaten/Kota mempunyai kewajiban untuk mengumumkan daftar Pemilih Berkelanjutan dipapan pengumuman/website masing-masing.

Pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan oleh KPU Kab/Kota dilaksanakan setiap bulan, masih menggunakan sistem manual, belum masuk dalam sistem sidalih.

Karena kondisi masa pandemi covid-19, KPU Kota Jaktim melakukan proses Pemutakhiran Pemilih Berkelanjutan dengan Work From Home (WFH), kemudian dilakukan pleno melalui daring (zoom meeting) dilakukan pada hari Selasa (07/04/2020) Jam 13.15 s.d selesai, dan Berita Acara sudah disampaikan ke Bawaslu Kota Jakarta Timur.

Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan dilakukan dengan cara, sebagai berikut:
1. menjumlahkan DPTHP3 Pemilu dengan DPK Pemilu 2019,
2. hasil dari penjumlahan tersebut dilakukan kroscek data ganda, jika ditemukan data ganda maka dihapus satu data ganda tsb
3. Dilakukan singkronisasi dgn data dari disdukcapil (tetapi data ini blm diberikan oleh disdukcapil),
4. Hasilnya ditetapkan sebagai Data Pemilih Berkelanjutan (DPB)

Untuk Kota Jakarta Timur DPB untuk bulan April th 2020 yang sudah di tetapkan KPU Kota Jaktim adalah
total DPB: 2.273.975 dengan rincian Laki-Laki 1.129.015 dan Perempuan 1.144.960.

Data tersebut diperoleh dari DPTHP3 sebesar 2.246.279 ditambah potensi data Pemilih baru (DPK) sebanyak: 27.945 dikurangi data TMS (data ganda) sejumlah 249.

Beberapa hal yang menjadi perhatian dan pengawasan Kita adalah sbb:
1. Data DPK (daftar pemilih khusus pemilu 2019) dr KPU Kab/Kota, ternyata tidak semua bisa ditemukan misal di KPU Kota Jaktim dari total jumlah DPK yg tercatat pada hasil rekapitulasi tingkat kota pemilu 2019 adalah sekitar 48.080 tetapi yg baru ditemukan data byname byaddres hanya 27.945 (60%) sisanya blm ditemukan datanya (di Kota lain juga kemungkinan sama)

2. Pemutahiran DPB oleh KPU Kab/Kota dilakukan setiap bulan tetapi data dari Diadukcapil baru bisa diberikan setiap 6 bulan, data dari Disdukcapil tersebut termasuk data lahir, meninggal, pindah dan tinggal.

Demikian laporan hasil zoom meeting antara Bawaslu Kota Jaktim dgn KPU Kota Jaktim pada hari Selasa 14 April 2020 jam 16.00 – selesai, yang di sampaikan oleh Syahrozi, SH,MH selaku ketua Bawaslu Kota Jakarta Timur. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *