Alang : Filosofi 5 JARI

FOKUSATU-JARI Disini adalah secara sederhana saya menempatkan untuk LIMA huruf yang bernama Besar yaitu ALLAH, Namun JARI juga kenapa harus kelimanya dimunculkan itu Element yang berarti merangkul semua pihak, yang masing masing satuan jari bermakna sendiri sendiri.

Jika dijadikan satu menjadi kekuatan yang istimewa. Persis seperti kita yang tergabung di JARI pasti punya latar belakang serta kekuatan masing masing.kemudian lima JARI itu juga selalu digunakan dalam menyapa para audiens, sahabat atau siapapun sapaan hangat selalu melambaikan lima JARI itu.

Jadi JARI memang akan selalu ramah pada setiap manusia, siapapun dia. Kalo gak percaya liat Aja Bandar ONCOM, selalu ramah sama siapapun. Dari tukang pemulung sampe Prabowo Subianto dia temanin Semua nya!

Gitu lhoo, supaya jangan terlalu seriuuuussss baca nya….

Banyak orang yang memiliki jabatan sebagai pemimpin namun kurang memahami leadership atau kepemimpinan. Leadership sendiri biasanya di pahami sebagai kecakapan menggerakkan orang lain untuk melalukan sesuatu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan

Memang, seorang pemimpin mempunyai gaya serta cara yang berbeda-beda sesuai karakternya.

Keberhasilan seorang pemimpin ditentukan oleh banyak factor diantaranya adalah karakter dari pemimpin serta situasi dan kondisi.

Namun kunci sukses seorang pemimpin justru pada kemampuannya memberdayakan anak buah untuk mencapai persetasi terbaiknya.

Terdapat beberapa type karakter pemimpin antara lain pemimpin kharismatik, pemimpin transformasi, pemimpin transaksional, pemimpin visioner, pemimpin otoriter, pemimpin demokratis.

Pemimpin kharismatik mempunyai daya tarik yang sangat kuat, seolah seperti mempunyai daya magis.

Pemimpin transformasi adalah pemimpin yang selalu melakukan perubahan-perubahan yang spectakuler.

Pemimpin transaksional selalu menghargai prestasi dengan materi, memotivasi anak buah dengan bonus atau penghargaan materi lainnya.

Pemimpin visioner mempunyai pandangan jauh ke depan, mempunyai program-program yang menantang dan bergerak cepat. Pemimpin otoritar adalah pemimpin yang keras tegas dan memaksakan kehendak dengan kekuatan kekuasaannya. Pemimpin demokratis adalah seorang pemimpin yang banyak melibatkan anak buah dalam pengambilan keputusan. Tidak bisa menjawab pertanyaan mengatakan mana yang terbaik. Justru seringkali dibutuhkan sebuah kombinasi untuk bertindak sesuai kondisi dan situasinya.

Adalah Menjadi leader yang efektif tentu membutuhkan berbegai kunci.

Berikut tips menjadi leader atau pemimpin yang efektif, yaitu dengan menggunakan 5 kunci sesuai jumlah jari yang kita miliki sebagai reminder tool (alat pengingat) :
1. Appreciate (pengingat ibu jari),
2. Direction (pengingatnya jari telunjuk),
3. Wise (pengingat jari tengah),
4. Existence (pengingat jari manis), dan
5. Loyal (pengingat jari kelingking).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *