Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Pada Upacara Senin,09 Maret 2020

FOKUSATU-Assalamualaikum Wr Wb. 

Salam Sejahtera
Om Swastyastu
Namo Budaya
Salam Kebajikan

Yang saya hormati,
Kepala Sekolah
Ketua Komite Sekolah
Para Guru dan Tenaga Kependidikan
Para Orangtua / Wali murid
Yang selalu saya cintai dan banggakan anak-anakku peserta didik di Provinsi DKI Jakarta

Bismillahirrahmaaniirrahiim, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wa taala, Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat dan nikmat sehat yang telah dilimpahkan kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini untuk mengikuti upacara bendera, sebagai bentuk kesatuan kita sebagai satu komunitas warga sekolah yang selalu bersinergi untuk mencapai suatu tujuan yang mulia yaitu pendidikan yang tuntas dan berkualitas.

Dua minggu terakhir ini ada hal yang menyita perhatian sekaligus keprihatinan kita bersama, yaitu munculnya Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui. Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan ditetapkan menjadi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) oleh World Health Organization (WHO), yang berawal di Kota Wuhan, Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Sampai dengan 08 Maret 2020 telah ditemukan 106.464 kasus dengan 3.600 kasus kematian (worldometers.info/coronavirus).

Situasi kondisi ini marilah kita hadapi tidak dengan rasa takut yang berlebihan namun tetap dengan waspada. Sesuai dengan arahan Pak Gubernur, kita semua dapat berperan aktif dalam pencegahan menyebarnya Virus Corona dengan melakukan beberapa hal berikut :

Hadapi kondisi ini dengan tetap tenang dan banyak berdoa;
Cegah diri sendiri dan orang yang kita sayangi dari resiko terinfeksi Covid-19 dengan selalu menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat seperti cuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir;
Mengkonsumsi makanan dengan menu bergizi dan seimbang, serta istirahat cukup;
Menjaga lingkungan sekolah dan tempat kerja tetap bersih serta higienis, menyediakan sabun cuci tangan pada wastafel / tempat cuci tangan atau cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70-80% yang mudah diakses oleh seluruh anak-anak dan warga sekolah lainnya
Bapak Ibu Kepala Sekolah melakukan koordinasi secara berkala dengan puskesmas/rumah sakit terdekat dengan dibantu oleh Bapak Ibu Pengawas dan atau Kasatlak Kecamatan masing-masing. Jika ditemukan warga sekolah yang terindikasi gejala demam disertai batuk, pilek, sakit tenggorokan, sesak nafas, segera melaporkannya, warga sekolah yang sakit untuk beristirahat di rumah.
Menghindari kegiatan di keramaian yang tidak bermanfaat, membatasi aktivitas warga sekolah di luar lingkungan sekolah dan menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak peserta didik atau kegiatan di lingkungan luar sekolah seperti berkemah, studi wisata dsb.
Melaporkan kondisi perkembangan sekolah secara berkala dan berjenjang melalui website dinas pendidikan atau ke nomor telepon 021-39504052.

Mari kita hadapi kondisi ini dengan optimis dan dengan semangat kebersamaan, saling bekerja sama, mendukung serta saling mengingatkan satu sama lain, kita ambil sisi positif dari merebaknya Virus Corona, yakni kita dapat belajar mencuci tangan yang semakin benar, etika sakit ketika di publik yang makin beretika dan pola hidup yang semakin sehat.

Sekali lagi ita tidak perlu takut dan panik yang berlebihan terhadap Virus Corona, tetapi kita harus tetap waspada dalam menanggulangi penyebaran Virus Corona. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan kebersihan diri adalah kunci utama. Percayakan penanganan virus corona ini kepada Pemerintah dengan selalu mengikuti arahan yang disampaikan, jangan ikut-ikutan menyebarluaskan ataua kabar di media sosial yang dapat menimbulkan kecemasan masyarakat. Kita harus menebarkan benih-benih semangat bahwa kita dapat menang melawan penyebaran Virus Corona Insya Allah Subhanahu Wa taala, Tuhan Yang Maha Esa, selalu menyertai kita dan melindungi kita dari segala penyakit yang ada.

Untuk anak-anakku semua yang saya cintai dan banggakan, apapun kondisi yang terjadi saat ini tetaplah semangat. Teruslah belajar dengan tekun agar sukses meraih cita-cita dan masa depan yang gemilang. Isi hari-hari dengan melakukan kegiatan positif meskipun kecil maka sejalan dengan waktu akan membangun sesuatu yang besar, kesuksesan yang besar.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga Allah Subhanahu Wa taala, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa meridhai langkah-langkah baik kita dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Sekian dan terima kasih.(*)

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Kepala Dinas Pendidkan
Provinsi DKI Jakarta

Ttd.

Nahdiana
NIP 196908061992012001

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *