KAHMI Rayon UIA Ucapkan Selamat Milad HMI ke 73

FOKUSATU-Himpunan Mahasiswa Islam atau disingkat HMI merupakan organisasi kemahasiswaan yang berdiri pada tanggal 5 Februari 1947, berdirinya organisasi HMI ini diprakarsai oleh seorang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam (Sekarang UII) bernama Lafran Pane beserta 14 orang rekannya.

Adapun latar belakang pemikiran dalam pendirian HMI adalah : “Melihat dan menyadari bahwa kehidupan manusia dan mahasiswa yang beragama islam pada waktu itu, yang pada umumnya belum memahami dan mengamalkan ajaran agamanya. Keadaan yang demikian adalah akibat dari sistem pendidikan dan kondisi masyarakat pada waktu itu. Karena itu perlu di bentuk organisasi untuk merubah kondisi tersebut.

Organisasi mahasiswa ini harus mempunyai kemampuan untuk mengikuti alam pemikiran mahasiswa yang selalu menginginkan inovasi atau pembaharuan dalam segala bidang, termasuk pemahaman dan penghayatan agamanya, yaitu agama islam. Tujuan tersebut tidak akan dilaksanakan kalau NKRI tidak merdeka, rakyatnya melarat. Maka organisasi ini harus turut mempertahankan Negara Republik Indonesia kedalam dan keluar, serta ikut memperhatikan dan mengusahakan kemakmuran rakyat.

“Terbinanya Insan Akademis, Pencipta, Pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT.”

Keberadaan HMI adalah manifestasi atas gerakan intelektual, moral dan spiritual di Indonesia.
Misi HMI dibangun di atas alasan sangat transendental dan teologis, sehingga harus ditopang oleh keilmuan yang cukup, dan semuanya (dari mulai niat untuk berpikir hingga pelaksanaan tindakan) diletakan sebagai suatu amal yang Limardhatillah , bukan yang lain.

Misi HMI tetap pada tiga komitmen yang juga merupakan ranah gerakan atau ranah pengabdiannya, yaitu Islam, Mahasiswa dan Indonesia.

“Dengan demikian kata Alm Nurcholis Majid tugas hidup manusia menjadi sangat sederhana, yaitu ber-Iman, ber-Ilmu dan ber-Amal”

Kanda Furqon,ST selaku ketua KAHMI Rayon UIA mengucapkan selamat Milad untuk HMI yang ke 73 tahun.

Saya bersyukur dan bangga karena dirinya menjadi kader HMI dan yang kedua wadah alumni HMI Kampus Assyafiiyah telah terbentuk yang di sebut juga dengan KAHMI Rayon UIA Jakarta, di wadah ini kita akan bersinergi dengan Alumni Alumni dan adik adik komisariat.

Karenanya lanjut Furqon, HMI dan kampus harus tetap bersinergi,“HMI tidak akan berdiri tanpa dukungan kampus,” tutupnya.

Yakin Usaha Sampai
Yakusa Bahagia HMI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *