Berkah Virus Corona

FOKUSATU-JANGAN PERNAH MELUPAKAN SEJARAH…” Begitu kira-kira pepatah lama mengatakan, dan sudah banyak masyarakat dari berbagai kepentingan memaknainya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Sejarah pendudukan Jepang di Indonesia yang begitu mencengkram melebihi jahatnya tentara Hindia Belanda sepertinya terulang kembali di Republik ini, Jepang yang kala itu begitu superior dan mampu menguasai Asia Pasifik sepertinya telah lupa daratan, bagi mereka kala itu tidak ada yang boleh lebih hebat dari mereka. Sebelum abad 18 Jepang sejatinya hanya sebuah negara terbelakang dan sering menjadi ledekan negara tetangganya China, namun semua itu berubah ketika Amerika meminta Jepang untuk membuka beberapa pelabuhannya.

Jepang mulai sadar bahwa bangsa mereka telah tertinggal jauh oleh bangsa Eropa ( Barat ), maka pada saat itupun mereka melakukan revolusi besar-besaran, revolusi yang menjadi awal berdiri tegaknya Jepang sejajar dengan bangsa Barat hal itu di kenal Revolusi Restorasi Meiji. China yang setadinya sering meledek Jepang mulai di invasinya, dan yang paling mencengangkan dunia ketika tentara Jepang menghancurkan pangkalan militer AS Pearl Harbour di Hawai, Samudra Pasifik. Sekita itu pula Jepang melebarkan sayapnya, mereka terus merangsek maju sampai ke Asia tenggara. Di Asia Tenggara mereka mampu memukul mundur tentara sekutu ( Amerika, Inggris, Belanda & Australia ) begitupun di Indonesia.

Pada masa kependudukan Jepang kehidupan Masyarakat semakin parah, Jepang betul-betul memaksakan kehendaknya pada semua lini kehidupan masyarakat Indonesia, hasil panen di bawa ke negaranya, masyarakat Indonesia dijadikan budak ( kerja Paksa ), yang amat menyedihkan ada sebagian kecil warga negara Indonesia yang menjadi kacung-kacung tentara Jepang demi untuk kepentingan pribadinya, menjadi mata-mata Jepang demi bisa hidup enak.

Namun semuanya berubah ketika pada tanggal 6-9 Agustus Hiroshima dan Nagasaki di Bom atom oleh Amerika, dan akhirnya pada tanggal 15 Agustus Jepang menyerah serta mengakui kekalahannya.

Berkah kekalahan Jepang dari Amerika dan sekutunya akhirnya membuat Indonesia berani mengeluarkan sikap, tentara Jepang yang masih berada di tanah air dipaksa menyerahkan senjata mereka, dan akhirnya pada tanggal 17 Agustus 45 Indonesia menyatakan kemerdekaannnya.

Menurut saya apa yang terjadi kala itu hampir persis dengan keadaan bangsa Indonesia saat ini, di saat pemerintah Indonesia tak mampu untuk sekedar berkata tidak kepada China, di saat Indonesia sudah menjadi bulan-bulanan China dan seperti sulit untuk berkelak, datanglah Bom Atom yang bernama CORONA.

Berkah dari Corona akhirnya pemerintah Indonesia mampu untuk berkata ” Tidak ” kepada China, yang rasanya tidak mungkin kalau tidak ada Bom Atom yang bernama CORONA tersebut itu. Setidak-tidaknya negara Indonesia bisa bernapas legah……

#QuaVadis…. Trump..????

Penulis Mukhlis Hasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *