FPPJ Mengadakan Bakti Sosial Dan Pengobatan Gratis Untuk Warga Jakarta

FOKUSATU – Forum Pemuda Peduli Jakarta (FPPJ) bersama Ambulans Gawat Darurat (AGD) Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Jakarta Propertindo (JakPro) menggelar bakti sosial, pengobatan gratis, penyuluhan mengenai pencegahan penyakit bertempat di Sekretariat RW 08 Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (08/01/2020).

“Kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu media silaturahmi bagi Forum Pemuda Peduli Jakarta untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat khususnya warga RW 08 Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Selain itu, kita dari FPPJ juga melakukan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratiis,” pungkas Ketua Umum FPPJ Endriansyah kepada para awak media di lokasi kegiatan.

Endriansyah yang biasa di sapa rian dan sekaligus ketua pelaksana bakti sosial yang juga didampingi Sekjen FPPJ, Ir. Suganda Sutanto mengatakan, kegiatan ini sudah menjadi program rutin FPPJ setiap tahunnya.

Kegiatan hari itu ditandai juga dengan pemberian bantuan kursi roda dari perwakilan JakPro kepada Ketua RW 08 yang mewakili warga.

“Kami menyambut rasa antusias warga RW 08 dengan penuh kepedulian. Selain merupakan kegiatan rutin, kami ingin hadir di tengah masyarakat untuk mengingatkan pentingnya kesehatan dengan cara deteksi dini. Saya juga mengucapkan terima kasih atas perhatian, dan dukungan dari Jakarta Propertindo (JakPro) sehingga kegiatan bakti sosial pengobatan gratis sehingga terlaksana hari ini. Kami FPPJ bersama JakPro akan terus berkomitmen membangun Kota Jakarta,” ujar Endriansyah.

Apalagi lokasi Balai Pengobatan seperti Puskesmas cukup jauh dari akses pelayanan kesehatan, sehingga kegiatan ini merupakan bagian dari bakti FPPJ kepada masyarakat terhadap kesehatan. Kegiatan diikuti lebih dari 250 orang warga dari 15 RT di RW 08 Kelurahan Papanggo, Jakarta Utara.

“Kegiatan bakti sosial pengobatan gratis ini meliputi pelayanan kesehatan secara gratis. Dalam kesempatan ini kami lebih memberikan penyuluhan untuk mecegah penyakit umum seperti saluran pernafasan, diare, hipertensi sebagai penyakit paling banyak diderita, terutama dikalangan lansia, dan anak-anak. Selain itu juga ada pemeriksaan kadar gula, kolestorel, dan asam urat. Jika ada warga yang terdiagnosa penyakit yang cukup parah maka tim kesehatan dari AGD akan memberikan surat rujukan ke rumah sakit terdekat,” katanya.

Bakti sosial pengobatan gratis yang bertemakan “Masyarakat Hidup Sehat Jakarta Kuat” FPPJ mendapat apresiasi dari warga setempat.

“Kegiatan bakti sosial pengobatan gratis yang diadakan oleh FPPJ jelas sangat membantu warga masyarakat RW 08.

Dikarenakan banyak warga yang kurang mampu, dan tidak memiliki kartu BPJS. Sedangkan akses ke sarana Puskesmas, dan Rumah Sakit cukup jauh dari sini. Jadi kami minta FPPJ mau secara rutin menggelar baksos terutama pengobatan gratis di wilayah kami,” ujar Ketua RW 08, pungkas Ujang Abdul Mutholib

Menurut Ujang, selain bantuan sembako warga masyarakat RW 08 juga membutuhkan pelayanan pengobatan gratis.

“Selama ini kami mencari orang-orang yang peduli terhadap masyarakat kami ternyata FPPJ yang peduli. Atas nama warga RW 08 saya ucapkan terima kasih. Semoga hubungan kita terus berlanjut pada kegiatan lainnya,” kata Ujang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *