Baba Hendi : Manfaat Kayu Secang

FOKUSATU-Pohon secang atau Caesalpiniea Sappen adaalah tumbuhan liar yg sangat kaya akan manfaat, pada awalnya hanya untuk konsumsi keluarga, mengganti kebiasaan minum teh dengan minum rebusan air kayu secang.

Mengikuti tradisi orang tua ,Yang katanya untuk menjaga kesehatan,Bila kita  telusuri lebih dalam lagi akan manfaat kayu secang, dengan berbagai referensi dari para ahli farmakologi, melalui tes uji secara klinis.

Di katakan Baba Hendi berdomisi di kawasan Condet,beliau membuat atau meracik teh secang .

Manfaat kayu secang ini sangat luar biasa ,diantaranya 

– kayu secang bersifat antimikroba :
Sebab kayu secang mengandung metanol yg berfungsi menghambat Bacteri Staphylococcus aureus.
Bahaya nya bakteri tersebut adalah dapat menyebabkan infeksi kulit keracunan makanan dan infeksi persendian.
Untuk menghindari diri dari bakteri tersebut adalah yg paling mudah dengan mengkonsumsi air rebusan kayu secang secara rutin.
– bersifat Anti Alergi :
Senyawa. Zat Kalkon yg terdapat dalam kayu secang adalah sebagai bahan anti alergi yg sangat efektif.
Dari hasil studi beberapa ahli farmakologi membuktikan bahwa bila kita rutin mengkonsumsi air rebusan kayu secang maka akan dapat melemahkan bahkan menghilangkan berbagai efek alergi apapun yg dirasakan tubuh.
– bersifat AntiOksidan yg tinggi :
Selama ini tanaman minuman yg mengandung ati oksidan tinggi adalah teh, namun sayangnya mengkonsumsi teh memiliki dampak buruk yg tak baik bagi kesehatan yaitu menyebabkan kecanduan layaknya kecanduan Kavein yg terdapat dalam kopi. Untuk menghindari hal ini kita dapat beralih ke air rebusan kayu secang.
– meningkatkan daya Imun atau kekebalan tubuh.;
Imunitas tubuh adalah hal yg sangat penting bagi tubuh kita. Untuk melindungi diri dari berbagai serangan bakteri dan penyakit.

Untuk meningkatkan imunitas ini kita dapat mengkonsumsi air rebusan kayu secang secara rutin sebab kandungan senyawa zat Fenolik dan. Flavonoidnya memiliki sifat anti oksidan yg tinggi serta dapat menghindari dari kerusakan sel-sel tubuh secara oksidasi.
– Anti Konvulsan. :
Kayu secang juga mengandung zat anti konvulsan alami.
Anti konvulsan secara medis adalah jenis obat-obatan yg dapat membantu menormalkan stabilitas rangsangan sel saraf agar tak mengalami kejang-kejang.
Anti konsulsan juga berfungsi meredakan nyeri karena gangguan syaraf (Neuropati).
Karena khasiatnya inilah maka para ahli sangat menganjurkan agar para penderita epilepsi secara rutin mengkonsumsi air rebusan kayu secang ..
– mengobati diabetes :
Kandungan zat Brazillin daribkayu secang dapat menekan kadar gula darah.

Sementara kandungan senyawa zat Kaesalpin P, Sappankalkon, dan zat Protosappanin A, berfungsi sebagai penghambat Enzim Aldosa reduktase, yg menjadi penyebab komplikasi diabetes…
Itu yg ane tau dan yg ane pelajarin selama ini…
Dari awalnya hanya ingin menjaga tradisi minum teh secang, yg kata para leluhur sangat manfaat buat tubuh…jadi lebih sehat , lebih tahan ame penyakit… Sehingga ane tertarik untuk terus meneliti dari kandungan zat yg ada pada kayu pohon secang…
Sekaligus melestarikan tumbuhan pohon secang agar di tanah Betawi ini …kembali marak ditumbuhi oleh pohon yg kaya akan manfaat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *