Karang Taruna RW 02 Kel. Cip.Muara Menggelar Seminar Kewirausahaan Untuk Pemuda

FOKUSATU – Seminar Kewirausahaan dengan tema “Membangun Jiwa Wirausaha Pemuda” Di adakan oleh Karang Taruna RW 02 Kelurahan Cipinang Muara, Sabtu/16 November 2019.

Acara yang di adakan di Kediaman Pak Bambang Irawan ,Jl Pembina I RT 15/02 Cip Muara selaku Ketua RW 02 Cip Muara di mulai pukul 08.00 pagi menghadirkan 30 peserta dari Pemuda di lingkungan RW 02 Kelurahan Cipinang Muara.

Lagu Indonesia Raya berkumandang mengawali acara seminar Kewirausahaan ini, kemudian di lanjutkan dengan sambutan sambutan.

Anugrah Widhy, S.Fil.I selaku Ketua Karang Taruna dalam sambutan nya selaku Ketua Karang RW 02 Kel Cip Muara mengatakan bahwa program Jakarta Muda yang di kelola Sudin Pemuda dan Olahraga Jakarta Timur,membuka kesempatan untuk membuat kegiatan kepemudaan bagi Karang Taruna di Jakarta Timur dan kami dari Karang Taruna RW 02 Cip Muara mengirimkan proposal dan Alhamdulilah proposal kami di Terima sehingga kami bisa membuat acara Kewirausahaan ini.

Dalam paparan nanti akan di sampaikan materi penting nya membangun bisnis dengan pondasi yang tepat yang akan di sampaikan oleh Ust Izat dan praktek membuat nasi kebuli.

Bambang Irawan, SH selaku Ketua RW 02 Cip Muara mengatakan sangat mendukung acara ini dan sesuai dengan program RW 02 Cip Muara. Di RW 02 ada program Kampung Pintar dan di antara nya ada Pintar Ekonomi dan ini acara ini kewirausahaan sesuai dengan program RW.

Eddy Sofyan Latif, SH selaku Lurah Cipinang Muara membuka langsung acara seminar Kewirausahaan yang bertema membangun jiwa wirausaha untuk Pemuda, semoga acara ini bisa menghasilkan enterpreneur enterpreneur muda.

Paparan Materi dari Ust Izat
Wirausaha secara umum adalah seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk menciptakan sebuah peluang usaha, pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi, dengan segala resiko yang akan dihadapinya.

Maka dari itulah, wirausaha adalah pelaku utama dalam pembangunan ekonomi yang fungsinya untuk melakukan inovasi atau kombinasi-kombinasi yang baru untuk sebuah inovasi hingga melakukan perbaikan produksi lainnya. Juga memiliki dorongan kekuatan dari dalam diri untuk memperoleh suatu tujuan, serta suka bereksperimen untuk menampilkan kebebasan dirinya di luar kekuasaan dari orang lain.

Ciri ciri Wirausaha yakni :

Memiliki keberanian mempunyai daya kreasi
Berani mengambil risiko
Memiliki semangat dan kemauan keras
Memiliki analisis yang tepat
Tidak konsumtif
Memiliki jiwa pemimpin
Berorientasi pada masa depan.

Pengertian Wirausaha Secara Etimologi
Etimologi kata wirausaha adalah berasal dari kata “wira” dan “usaha”. “Wira” berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Kata “wira” juga digunakan dalam kata “perwira”. Sedangkan “usaha” berarti “perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan”. Jadi, secara etimologis/harfiah, wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang melakukan perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan.

Setelah paparan materi, peserta praktek membuat nasi kebuli oleh Bu Haji Musa, para peserta memperhatikan pemateri mengikuti praktek membuat nasi kebuli.

Acara ini dihadiri oleh Sultoni Ketua Umum Pengurus Besar Komunitas Aktivitas Muda Indonesia ( PB KAMI) dan dalam kesempatan ini beliau berikan sambutan nya dan katakan PB KAMI siap mendukung program Karang Taruna RW 02 Cip Muara.

Setelah praktek nasi kebuli, para peserta menikmati nasi kebuli bersama.(A W)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *