HypnoTeaching “Mengoptimalkan Pikiran Bawah Sadar, Meningkatkan Prestasi Siswa”

FOKUSATU – Hypno berasal dari kata hypnosis yang berarti keadaan dimana seseorang berada dalam kondisi trans, atau mudah menerima sugesti. Teaching merupakan kata dari bahasa inggris, yaitu teach yang berarti mengajar.

Dengan demikian, Hypnoteaching merupakan cara pembelajaran atau cara mengajar dengan menggunakan unsur hypnosis, yaitu saat seseorang bisa menerima sugesti dengan mudah.

Berbeda dengan Hypnoteraphy, saat melakukan hypnoteaching, klien (disini adalah siswa-siswa) berada dalam keadaan sadar seutuhnya-dengan mata terbuka,tujuan utama hypnoteaching adalah untuk membangunkan motivasi dalam diri setiap siswa.

Terkait dengan Hypno Teaching,Yayasan SanDjaya 45 bersama Quantum Wols, institut positiv hypnosis Dan lembaga kyry mengadakan seminar tersebut, di Gudeg Bu Nah yang berlokasi di Jl Jendral A Yani No 30,Jakarta Timur, Sabtu/02 November 2019

Dr. Asep Sutisna Sanjaya, M. Pd. CP. NNLP selaku ketua yayasan SanDjaya 45 mengatakan peserta dari seminar ini mayoritas para guru SD, SMP dan SMA, dan ada juga dari pengusaha.

Dalam acara seminar Hypno Teaching ini menghadirkan pembicara hebat yakni Nur Purwana Hidayat ( Pendiri Lembaga Quantum Wols), Agus Yuliono(Pendiri Institute Positive Hypnosis) dan Asep Sutisna Sanjaya( Pendiri Yayasan SanDjaya 45 ) .

Agus Yuliono dalam paparan nya mengatakan teknis HypnoTeaching :
-Niat dan motivasi
-Pacing
-Leading
-Pujian
-Kata kata positif

Penyebab tidak masuknya pengetahuan dari guru adalah karena pikiran siswa sedang terpecah atau tidak fokus. Disinilah penggunaan cara mengajar dengan teknik hypnoteaching. Yaitu, dengan merilekskan pikiran siswa agar pengetahuan yang didapat bisa dipahami dengan baik.

Tips Singkat Memunculkan Rasa Rileks Pada Siswa

Segala yang tertutup tidak akan sampai ke tujuan. Begitupun dengan pikiran. Saat pikiran tidak fokus akan menghalangi segala informasi yang akan masuk ke otak. Cara mudah agar pikiran menjadi fokus adalah dengan membuat otak dan tubuh menjadi rileks. Berikut adalah tip-tip singkat untuk membuat siswa Anda menjadi rileks.

Dalam teknik ini, Anda sebagai guru bertugas untuk memandu siswa-siswa Anda untuk melakukannya. Lakukan tips ini sebelum sesi belajar dimulai.

Lirikan Mata

Mintalah siswa Anda untuk menutup mata.
Saat mata dalam keadaan tertutup, lanjutkan dengan meminta mereka untuk melirikan mata ke atas.
Katakan kepada siswa Anda untuk memfokuskan pikiran.
Lakukan kurang lebih selama 5 menit.

Nur Purwana Hidayat mengatakan bahwa Hypnoteaching hanyalah teknik yang membantu memudahkan dalam kegiatan pembelajaran. Jika Anda ingin menggunakan teknik yang sederhana dan efektif gunakanlah cara mengajar dengan teknik hypnoteaching.

Untuk agenda selanjutnya pada tanggal 7 Desember 2019 Yayasan Sandjaya 45,Institut Positive Hypnosis, Lembaga Quantum Wols dan Lembaga Kyry akan mengadakan kegiatan Counsiusness of Prosperity. ( A W)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *