Renungan HSP Ke 90  Oleh Sopian Sekertaris DPD KNPI Kota Depok

FOKUSATU – Bila suatu saat ada KNPI berevolusi menjadi organisasi tanpa memperdulikan keberhimpunan OKP maka itu adalah kekeliruan, tak ayal KNPI tersebut bukan wadah berhimpun namun menjelma organisasi kepemudaan kesekian. Sebab terminologi keberhimpunan sangatlah jelas, ada yang berhimpun kemudian bersepakat dalam sebuah asosiasi yang sama dalam prespektif ide, gagasan, program dan struktur tanpa mengkebiri atau meleburkan marwah organisasi kepemudaan tersebut. Apakah itu yang terjadi sekarang atau tidak? Silahkan tafsirkan sendiri.

Keharmonisan serta suasana dinamis kepemudaan yang senantiasa bergandengan tangan demi tercapainya tujuan organisasi yaitu terwujudnya persatuan dan kesatuan pemuda serta keutuhan NKRI, terbedayanya potensi pemuda dalam segala aspek kehidupan, serta peran aktif pemuda dalam pembangunan nasional hingga daerah berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila.

Yakin dan percaya jika ada yang mengganggu hal tersebut, Pemuda harus selalu bergandengan tangan menjadi benteng yang kokoh untuk melawan apapun yang menjadi penghalang.

Toh generasi muda sekarang dengan perubahan sosial yang begitu ekstrim, dimana sikap apatis dan cuek sedang menjangkiti. Pemuda hari ini lebih tertarik begaimana potensi dirinya bisa bernilai ekonomis ketimbang berbicara idealisme apalagi bicara ideologi kebangsaan. Hari ini bolehlah kita berdebat serta berebut pengaruh di lembaga/organisasi kekaderan. tapi apakah setelah kita masih ada generasi yang mau sibuk untuk itu. Kita tidak berbenah ataupun menjawab tantangan zaman dan memunuhi keinginana generasi hari ini, maka bisa dipastikan inilah akhir dari masa keberhimpunan pemuda. Berbuatpun belum tentu bisa mencapai hal tersebut, apalagi kalau hanya sibuk dengan konflik berebut pengaruh dan kekuasaan di ranah kepemudaan.

Kita punya kepentingan masing-masing diluar sana, namun kepentingan tersebut melebur menjadi satu kepentingan kepemudaan jika memasuki ranah KNPI. Kita punya warna masing-masing diluar sana, namun warna tersebut melebur menjadi satu warna kepemudaan jika memasuki ranah KNPI.

Maka seharusnya perpecahan pada Pemuda sudah tidak ada lagi (selesai)

Karena KNPI wadah perhimpunan mempersatu pemuda!!!

Yang Satu tujuan “Satu Tujuan Bertanah air, Satu Tujuan Berbahasa, dan Satu Tujuan Berbangsa yaitu Bangsa Indonesia”.(Rudi Hrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *