Kunjungi Lokasi Banjir, Kowani Dan IPSM Berikan Bantuan Langsung

FOKUSATU – Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) dan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) DR.Ir. Dra. Hj. Giwo Rubianto Wiyogo, MPD Beserta Angota mengunjungi korban banjir di Kampung Arus RT 10 RW 02, Cawang, Jakarta Timur dan warga Tanjung Lengkong Kampung Melayu, Jakarta Timur. Dalam kunjungan itu, Ibu Giwo menyerahkan bantuan berupa sarung, makananan dan selimut.

Tak ingin hanya sekedar berbincang dengan warga di posko banjir, mantan ketua KPAI ini turun langsung ke rumah-rumah penduduk yang terdampak banjir. Ibu Giwo menyaksikan bagaimana perabot dan barang-barang milik penduduk tengah dikeluarkan dari rumah dan dijemur pasca banjir masuk ke kediaman mereka.

Dalam kunjungan itu, Ibu Giwo yang juga merupakan Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) mendengar aspirasi langsung dari masyarakat. “Kita mendengar aspirasi para korban banjir,” ungkapnya. Mereka ingin hidup lebih baik di Jakarta tanpa relokasi.

“Aspirasi kita perjuangkan agar mereka bisa hidup lebih baik tanpa relokasi, namun banyak hal yang harus dibenahi bahkan dari wargalah yang harus menyadari dari hal terkecil yakni buang sampah ditempat yang sudah disediakan” ucapnya. “Saya berharap semua ini menjadi hikmah dan pelajaran yang baik. Saya berdoa agar masyarakat tetap sehat walafiat,” pungkasnya.

“Harapannya, ada perhatian pemerintah untuk segera melakukan tahapan tahapan dalam waktu dekat jangan sampai mereka yang sudah jadi korban bertambah beban pikiran terutama bagi perempuan dan anak. Jangan sampai hak hak mereka untuk sekolah dan belajar tidak hilang dan tetap berjalan, maka banjir bisa ditanggulangi dan tidak separah ini, walau sekarang juga sudah ada perubahan nyata,” ujar Bu Giwo

“Biasanya banjir bisa sampai 2 atau 3 hari, sekarang 3 jam sudah surut berkat bantuan dari pasukan oranye dalam mengeruk got dan sampah,” ujar salah satu warga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *