Ini Dia Rangkaian Jazz on The Bridge 2017 Bangka Belitung

FOKUSATU – Perhelatan musik besar di Bangka Belitung akan segera dimulai. Gubernur Erzaldi juga mencetuskan sebuah ide yang luar biasa, bersama Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar perhelatan yang akan dilaksanakan di atas jembatan emas.

Konser musik yang seyogyanya akan menjadi agenda tahunan provinsi Babel ini dinamakan   Jazz On The Bridge. Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Kepulauan Bangka Belitung, siap menghadirkan tontonan berkelas dan menghibur, serta berlaku gratis. Panggung pertunjukan sudah disiapkan dan tata lampu di Jembatan Emas yang menjadi background panggung, pun sudah siap memancarkan keindahannya.

Jum’at 29 Desember 2017 menjadi hari pertama rangkaian JoBB 2017, akan diisi tujuh kelompok musik terseleksi dari Bangka Belitung. Mereka adalah Trade Four band, Pusm Band, Voice on Band, Gema Harmoni, Wizard Band, d’Soulcoustic, dan Filosofi Band.

Menariknya, di hari pertama ini panitia penyelenggara akan mengumumkan juga para pemenang beberapa kompetisi yang sebelumnya digelar.

“Kita umumkan pemenang video promo satu menit JoBB. Ada tiga pemenang,” kata Ketua Panitia JoBB 2017, Nico Alpiandy, di lokasi acara, Pantai Koala, kawasan Jembatan Emas, Kamis, 28 Desember 2017.

Selain itu, juga akan diumumkan pemenang dua kompetisi dalam Bangka Belitung Food Festival (BBFF) yang diadakan beberapa waktu lalu di Citraland Botanical City.

“Di sela-sela jeda aktivitas bermusik di panggung, panitia akan mengumumkan pemenang artikel para jurnalis dan pemenang lomba vlog. Peserta yang ikut lomba ini, nantikan juaranya di panggung JoBB,” kata Nico.

Ahmadi Sofyan, perwakilan GIPI Kepulauan Bangka Belitung yang juga ditemui di lokasi acara JoBB, menambahkan kalau event JoBB 2017 murni berlaku gratis bagi seluruh kalangan.

“Ini hiburan kita hadirkan bagi seluruh masyarakat. Rencananya, acara ini akan terus berlangsung rutin setiap tahun di tempat yang sama,” ujarnya.

Mengenai lokasi acara yang berada di Pantai Koala dengan latar belakang pemandangan Jembatan Emas, dikatakannya sebagai sebuah upaya untuk mengukuhkan Jembatan Emas sebagai ikon Pulau Bangka.

“Tapi, yang perlu dicatat, kalau kegiatan ini tidak berada di jembatannya. Melainkan di Pantai Koala. Jembatan akan terus berfungsi sebagaimana mestinya sebagai penghubung transportasi dari Kota Pangkalpinang menuju Kabupaten Bangka,” tegasnya.

Di lokasi Pantai Koala, lanjut Ahmadi, saat ini juga sudah terpasang sarana permainan bagi anak-anak. “Itu alat bermain bagi anak-anak tak hanya untuk kepentingan JoBB 2017. Itu terpasang permanen, sehingga kawasan ini menjadi area yang ideal bagi lokasi wisata baru untuk seluruh masyarakat,” ujarnya.

Lalu bagaimana dengan maestro jazz, Idang Rasjidi, Tompi, Fariz RM, dan Mus Mujiono, kapan mereka tampil? “Para musisi jazz papan atas itu akan tampil di hari kedua, tanggal 30 Desember 2017,” kata Ahmadi yang juga akan menjadi master ceremony bersama Agus Syarief di saat acara berlangsung.

Bagi yang mau mempelajari lebih jauh tentang jazz, Ahmadi mengatakan tersedia Jazz Clinic yang akan diadakan pada Jumat mulai pukul tiga sore di Teras Nusantara, Citraland Botanical City.

Untuk Jazz Clinic ini akan hadir Idang Rasjidi bersama Fariz RM dan Mus Mujiono. “Ini Jazz Clinic baik sekali untukmenimba ilmu bermusik dari pakarnya langsung. Teman-teman pemusik, ayo datang dan manfaatkan Jazz Clinic ini. Musisi Bangka harus juga maju,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *