Forum SAR Sukabumi Minta Warga Pesisir Waspada Tsunami

FOKUSATU – Forum Koordinasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengimbau kepada warga yang tinggal di pesisir pantai agar tetap siaga pasca gempa berpotensi Tsunami berkekuatan 7,3 Skala Richter.

“Dari pantauan anggota kami di sekitar pesisir laut Sukabumi mulai dari Pantai Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap hingga Pantai Cibangban, Kecamatan Cisolok kondisinya masih kondusif dan tidak ada kepanikan berlebih di masyarakat,” kata Ketua FKSD Kabupaten Sukabumi Okih Fajri di Sukabumi, Sabtu.

Informasi yang dihimpun, gempa berkekuatan 7,3 SR yang berlokasi 8,03 Lintang Selatan (LS) -108.04 Bujur Timur (BT) 43 km Barat Data Tasikmalaya dengan kedalaman pusat gempa 105 km di bawah laut sangat dirasakan warga Kota dan Kabupaten Sukabumi. Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 23.47 WIB

Bahkan, dengan adanya peringatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa pascagempa wilayah Laut Ujunggenteng masuk dalam status waspada.

Hingga kini kondisi gelombang maupun ombak laut Sukabumi masih kondusif dan tetap normal serta tidak menunjukan adanya perubahan.

“Kami sudah menyiagakan anggota di beberapa pos pemantauan laut, untuk memantau dan melaporkan kondisi daerahnya masing-masing,” tambahnya.

Hingga saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota dan Kabupaten Sukabumi masih melakukan pengecekan dan pendataan ke seluruh wilayah serta menyiagakan relawan untuk mengantisipasi adanya bangunan atau rumah warga yang rusak.

Relawan BPBD yang dibantu sukarelawan lainnya pun sudah bersiaga antisipasi adanya gempa susulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *