Viral Foto Menteri Duduk Ngedeprok Dinikahan Kahiyang Ayu

FOKUSATU – Aksi foto bersama  jajaran menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) di resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby, Rabu (8/11/2017) malam meninggalkan kesan tersendiri. Tampak dalam foto yang viral, jajaran menteri rela duduk lesehan alias deprok di depan pengantinistri-istri menteri berdiri berjajar di samping Kahiyang-Bobby dan Presiden Jokowi, istri serta besan berdiri paling pojok.

Foto viral tersebut diunggah di fanpage Facebook Menteri Koordinator Bidang kemaritiman (Menko Maritim) Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, Kamis (9/11/2017). Dalam caption foto Menko Maritim berusia 70 tahun itu menyoroti kesederhanaan pesta pernikahan putri Jokowi.

Foto menteri mendeprok itu sampai mendapat komentar unik dari aktivis perempuan dari Komunitas Bumi Kecil, Ririn Sefsani. Melalui Facebooknya, Kamis pagi, Ririn mengunggah ulang foto menteri mendeprok. Ririn menganggap foto tersebut keren.

Ia memosisikan foto tersebut adalah sebuah terobosan karena terjadi di negara yang budaya feodal dan partiarkinya sudah seperti mendarah daging. “Foto ini menurutku keren banget dalam sejarah bangsa Indonesia yang feodal, partiarki dan praktik pejabat yang acap kali selalu mau duduk di atas, dilayani dan jaim, ” tulis Ririn Sefsani.

Gambaran menteri yang rela mendeprok sedangkan ibu-ibu berdiri manis di samping pengantin, ditambah dengan presiden dan ibu negara rela berdiri di pojok menurut Ririn adalah gambaran yang keren dan belum pernah ia lihat sebelumnya.

Ririn juga membahas tentang orang-orang yang menganggap itu semua pencirtaan. Menurut Ririn sah-sah saja menganggap foto tersebut pencitraan, namun menurut Ririn aksi tersebut tetap sebuah langkah nyata untuk revolusi mental.

“Mungkin akan ada yang bilang ini by setting, pencitraan atau apalah, monggo! Tapi gaya keseharian yang serupa orang kebanyakan/rakyat, yang mengikis sekat feodal dan patriarki dilakukan oleh pejabat itu langkah baik sebagai jalan mewujudkan revolusi mental,” tambah Ririn Sefsani.

Foto menteri mendeprok itu ramai dikomentari warganet. Sebagian besar komentar salut dengan foto tersebut.

“Kesederhanaan seorang presiden yang membawa dampak luar biasa , baru kali ini lihat foto perjabat bahkan para menteri di sebuah pesta pada duduk di bawah. Benar-benar istana hati,” tulis Ratu Garin Pramoediawardani.

“Dan hebatnya lagi menteri duduk santai untuk berfoto, sesuatu yang sederhana dan orisinal merakyat,” tulis Edukaisen Hia.

“Keren, kompak banget Kabinet Kerja ini, contoh yang baik pemimpin itu harus bekerja sama bersatu misi memajukan Indonesia,” Naya Yatmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

36 − 30 =