Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu Jalani Midodareni

FOKUSATU – Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, menjalani prosesi “midodareni” atau malam pingitan bagi mempelai wanita yang akan menikah pada Rabu (8/11).

Menurut laporan Antara di depan kediaman Presiden Jokowi di Kelurahan Sumber pada Selasa malam, sejumlah tamu undangan hadir untuk melihat prosesi midodareni itu.

Prosesi midodareni dalam adat Jawa dilakukan oleh calon pengantin wanita yang akan dirias pada malam sebelum akad nikah.

Hal itu dilakukan untuk mempersiapkan calon mempelai wanita. Kahiyang akan dipingit di dalam kamar atau rumahnya dan tidak boleh ditemui oleh mempelai pria.

Lazimnya, calon mempelai pria bersama keluarga akan datang ke kediaman keluarga mempelai wanita tanpa bertemu dengan calon pengantin wanita.

Calon mempelai wanita pada malam midodareni hanya boleh dilihat oleh saudara dan tamu wanita saja seperti para gadis dan kaum ibu.

Dalam acara itu, lazimnya keluarga mempelai pria akan memperkenalkan diri dan membawa seserahan serta mas kawin untuk pernikahan bagi mempelai wanita.

Keluarga bersama calon mempelai pria, Muhammad Bobby Nasution tiba di kediaman Jokowi pada pukul 19.00 WIB.

Rombongan keluarga disambut oleh perwakilan keluarga Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi.

“Adapun maksud kedatangan kami dari Medan menyampaikan salam takzim dan bermaksud menyerahkan calon pengantin pria Muhammad Bobby Nasution,” kata perwakilan keluarga Bobby, Letjen Edy Rahmayadi, kepada keluarga Presiden Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *