Peringati Sumpah Pemuda, Try Tikogawa Punya Cara Berbeda

FOKUSATU –  Generasi muda Indonesia harus dapat memaknai peringatan hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober sebagai momentum bagi pemuda Indonesia untuk mempersatukan para generasi muda di Indonesia untuk melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) agar terhindar dari faham radikalisme dan terorisme. Semangat inilah yang Brigade 08 Jakarta Pusat ingin tularkan pada generasi muda saat ini. Memgingatkan kembali kesatuan pemuda untuk Indonesia Raya.

Selaku Ketua Pemuda dan Olahraga Brigade 08 Jakarta Pusat, Trylaksono Sudewo Tikogawa di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, yang didampingi sejumlah anggotanya dan Satgas Brigade 08, saat ditemui sejumlah awak media.

Selanjutnya Brigade 08 Jakarta Pusat melakukan wisata edukasi keliling Museum Sumpah Pemuda untuk lebih memahami kembali perjalanan perjuangan pemuda Indonesia melalui organisasi kepemudaan yang terdiri dari Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia, Jong Java, Jong lslamitein Bond, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Pemoeda Indonesia, Jong Ambon, Jong Celebes, Pemoeda kaoem Betawi dan Sekar Rukun, untuk menyatakan bahwa Indonesia Raya itu ada dan satu kesatuan untuk memerdekaan dirinya dari kolonialisme.

“Selaku Ketua Pemuda dan Olahraga Brigade 08 Jakarta Pusat saya ingin mengingatkan bahwa wisata edukasi seperti, mendatangi museum atau tempat yang membangun semangat kejuangan dan kesadaran kepemudaan Indonesia seharusnya menjadi agenda rutin dan wajib yang harus dilakukan organisasi-organisasi kepemudaan yang ada sekarang ini. Sehingga kejuangan kepemudaan yang menjadi bagian penting sejarah bangsa Indonesia ruh dan apinya tak pernah padam ditengah-tengah modernisasi kehidupan yang terus berkembang,” Tutur Try

 

Tak lupa, dalam wisata edukasi ke Museum Sumpah Pemuda, Kramat Raya, Jakarta ini, Brigade 08 Jakarta Pudat melalui Ketua Pemuda dan Olahraga-nya turut mengunjungi Pameran Tokoh Pergerakan Wanita Emma Poeradiredja, yang juga salah satu tokoh wanita Jawa Barat yang ikut aktif dalam proses terselenggaranya Kongres Pemuda Pertama dan Kedua yang melahirkan Soempah Pemoeda 1928.

Dari tokoh wanita Emma Poeradiredja, Brigade 08 Jakarta Pusat, jelas Trylaksono Sudewo Tikogawa telah menginspirasi dirinya dan juga para pejuang Wanita Indonesia untuk mengabdikan dirinya bagi bangsa dan negara secara konsisten dan tanpa pamrih. Inilah yang harus para pemuda dan pemudi tanamkan bahwa kita tak boleh berpangku tangan lagi bila kita mengingankan sebuah perubahan yang baik bagi bangsa, negara dan rakyat Indonesia. Semoga kegiatan Kepemudaan Brigade 08 Jakarta Pusat menjadi awal yang baik bagi organisasi kepemudaan lainnya.

Sebelum mengakhiri wisata edukasi kepemudaan Brigade 08 Jakarta Pusat, Trylaksono Dudewo Tikogawa mengingatkan pesan Ki Hajar Dewantara kepada para pemuda Indonesia yakni bahwa “Aku Hanya Orang Biasa yang Bekerja untuk Bangsa Indonesia dengan Cara Indonesia”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *