Trump Lantik Rex Tillerson Sebagai Menlu AS

WARTAHOT – Senat Amerika Serikat yang dikendalikan Partai Republik memberikan lampu hijau bagi Rex Tillerson untuk menjabat sebagai menteri luar negeri pemerintahan Donald Trump. Tillerson langsung dilantik di Ruang Oval Gedung Putih dan dihujani pujian oleh Trump.

“Anda memahami tugas diplomat kita dan misi Departemen Luar Negeri adalah untuk menjalankan kepentingan Amerika Serikat demi membuat negara kita lebih aman, lebih makmur, dan lebih kuat,” kata Trump, The Associated Press melaporkan hari ini. “Saya yakin kita dapat mencapai perdamaian dan stabilitas di masa yang sangat, sangat sulit seperti ini.”

Mantan CEO ExxonMobil itu didukung oleh 56 dari 100 senator AS. Usaha Partai Demokrat menggagalkan pencalonan Tillerson gagal. Demokrat khawatir pengalaman Tillerson bekerja di perusahaan raksasa seperti Exxon selama empat dekade akan membuatnya memandang setiap persoalan dari kaca mata eksekutif perusahaan.

Tapi, Republik membantah hal itu dan mengatakan Tillerson sangat layak menjadi Menlu. “Saya yakin Rex Tillerson memiliki kemampuan untuk menjadi pemimpin efektif yang dibutuhkan Departemen Luar Negeri,” kata Senator Bob Corker, ketua komisi hubungan internasional.

Corker menyebut pengalaman Tillerson di ExxonMobil sebagai nilai tambah karena hal itu berarti dia pernah memimpin perusahaan global dengan 75 ribu karyawan dan memiliki “hubungan yang dalam” dengan pemimpin di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *