Menilik Seputar Tebing Breksi Yogyakarta

WARTAHOT –    Bukan tanpa alasan kenapa Yogyakarta selalu jadi tujuan destinasi wisata favorit orang-orang Indonesia. Bagaimana tidak, di sini kita bisa mendapatkan rekreasi macam apa pun yang diinginkan. Mulai dari wisata yang berhubungan dengan tradisi, sampai dengan alamnya yang juga sangat luar biasa.

Berbicara soal wisata alam di Yogyakarta, ada satu lagi nih tempat unik yang tengah jadi hits di sana. Namanya adalah Tebing Breksi. Kata ‘tebing’ mungkin membawa kesan kurang menyenangkan ya, tapi yang satu ini sama sekali berbeda. Alih-alih merasa ngeri dan semacamnya, yang ada kamu bakal takjub dan bahkan berkata ini adalah tempat terbaik. Ya, Tebing Breksi ini memang sangat indah dengan pemandangannya yang benar-benar instagramable banget.

Dengan segala hal yang dipunyainya, maka nggak heran memang kalau Tebing Breksi ini jadi tempat favorit baru orang-orang kalau ke Yogyakarta. Kamu pun tentu harus pula merasakan keindahan tempat ini. Tapi sebelum itu, simak dulu nih hal-hal penting soal Breksi yang bakal membuatmu ngebet.

Tebing Breksi sebelumnya merupakan tambang-tambang kapur milik warga setempat. Sampai akhirnya setahun yang lalu kegiatan penambangan di sana terpaksa dihentikan oleh pemerintah. Alasannya, ternyata tempat ini setelah diteliti merupakan sebuah situs gunung purba. Jadi, alih-alih dihabiskan, warga dihimbau untuk menjaganya agar tetap lestari.
Warga awalnya cukup dipusingkan dengan pelarangan menambang di Breksi. Tapi, kemudian muncul ide untuk membuat tempat ini jadi semacam spot wisata. Dari sini kemudian wacana itu direalisasikan. Dan siapa sangka Breksi kemudian malah jadi tempat yang ramai dikunjungi banyak orang. Bahkan diperkirakan per hari makin bertambah pengunjungnya.


Breksi dengan Pesonanya yang Luar Biasa

Memandang Breksi dari jauh mungkin yang nampak hanya gundukan tebing biasa. Tapi, kalau sudah mulai dekat nih, baru terlihat pesonanya yang luar biasa. Tebing kapur dengan tinggi kurang lebih 30 meteran ini begitu eksotis dipadu dengan guratan-guratan di muka dindingnya. Sekilas mirip dengan Wall yang ada di Game Of Throne, tapi Breksi lebih bagus lagi.

Nggak hanya disuguhi tebing tinggi dengan sayatan indahnya, di sini juga tersedia tangga-tangga pahat yang bisa kita jejaki satu-satu untuk menuju puncaknya. Butuhperjuangan sedikit sih memang untuk bisa naik ke atas, tapi usaha ini nggak akan pernah sia-sia kok. Begitu di atas, kita bakal disuguhi pemandangan yang super duper kece. Terhampar deh pemandangan sekitar tebing yang luar biasa. Hijau di mana-mana dan sangat sukses bikin mata kembali segar.

Hal Menyenangkan yang Bisa Dilakukan di Tebing Breksi

Pemandangan adalah hal utama yang bakal kamu dapatkan di Breksi. Nggak hanya tebing dan view sekitar, tapi juga pahatan-pahatan yang ada di sana. Ya, tebing ini perlahan digarap sangat serius. Kali ini pihak pengelolanya menambahkan pahatan-pahatan luar biasa yang mirip Petra tapi khas Yogya. Unik dan mungkin satu-satunya di kota ini.

Tentu nggak hanya menikmati pemandangan saja, tempat ini juga menawarkan banyak hal lain. Misalnya jadi spot berkemah sampai berkumpulnya klub offroad. Oh, iya kalau kamu memutuskan untuk berkemah di sini, bersiaplah mendapatkan matahari terbitnya yang luar biasa. Apalagi kalau memandangnya dari atas bukit.


Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum ke Breksi

Setelah membaca sekelumit soal Breksi, jangan bilang kamu biasa-biasa saja. Pasti greget ingin mampir kan? Nah, sebelum memutuskan untuk mampir nih, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengunjungi tempat asyik ini.

Pertama adalah selalu pakai alas kaki yang memadai, dalam artian tidak licin dan juga bikin kaki nggak sakit. Pasalnya, medannya di sini adalah berbatu. Kedua, pastikan bawa topi ya, karena ketika siang di sini lumayan terik. Dan yang ketiga adalah perhatikan jalan ketika ingin ke atas tebing, serta jangan terlalu ke tepi karena tentu saja berbahaya.

Lokasi, Biaya, dan Fasilitas

Tebing Breksi terletak di Nglengkong, Groyokan Sambirejo, Prambanan, Yogyakarta. Gampangnya sih cari saja Prambanan kemudian belok ke Piyungan. Dari situ kemudian cari rute ke arah Candi Ijo. Kalau sudah menemukannya, berarti Breksi sudah sangat dekat. Jalan menuju Breksi ini masih belum begitu mulus ya, tapi sangat bisa dilalui.

Kalau berbicara biaya, tempat satu ini murah banget lho. Kamu nggak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun kalau hanya untuk mampir. Cukup bayar parkir saja. Soal fasilitas di sini sudah dibangun toilet dan mushola kok. Jadi, nggak perlu khawatir.

Ada Breksi sekarang opsi wisata ke Yogyakarta pun makin banyak. Soal tebing satu itu, serius tempat ini memang benar-benar indah. Sudah banyak yang ke sana dan rata-rata mengatakan puas dan ingin balik lagi. So, jangan pernah lewatkan tempat ini kalau kamu mampir ke kota sang Sultan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *