KPU Manokwari Siapkan TPS Khusus Difabel

WARTAHOT – KPU Kabupaten Manokwari, Papua Barat, menyiapkan tempat pemungutan suara (TPS) khusus bagi penyandang disabilitas untuk dapat menyalurkan hak pilihnya dengan baik.

Komisioner Divisi Data KPU Manokwari Tedy Pattikaihattu di Manokwari, mengatakan TPS khusus akan disiapkan di halaman Kantor KPU Manokwari. “Kami bekerja sama dengan Yayasan Netra Mandiri. Seperti halnya pilkada sebelumnya, TPS khusus kami siapkan di halaman Kantor KPU,” kata Tedy.

Kabupaten Manokwari akan mengikuti Pilkada serentak 15 Februari mendatang. Tahun ini ada 101 daerah yang akan menggelar pesta politik, meliputi 7 provinsi, 76 kabupaten, dan 18 kota.

Tedy menjelaskan, selain TPS khusus pihaknya juga melibatkan para penyandang disabilitas dalam kepanitiaan pemungutan suara. Sejumlah fasilitas pendukung pun disiapkan untuk mempermudah proses pemungutan suara di TPS khusus tersebut.

Dia menyebutkan daftar pemilih tetap (DPT) di TPS tersebut sebanyak 175 pemilih. KPU telah menyiapkan alat bantu bagi penyandang tuna netra. “Kami juga menyiapkan kendaraan untuk menjemput mereka ke TPS,” ujarnya lagi.

Dia menambahkan seluruh logistik pilkada sudah diterima KPU Manokwari, termasuk logistik bagi pemilih penyandang disabilitas.

Distribusi logistik pun sudah dilakukan sejak 6 Februari 2017. “Seperti kotak dan bilik suara, semua sudah terdistribusi ke sembilan distrik. Senin kita mulai mendistribusikan surat suara dan formulir,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *