Petilasan Sunan Kalijaga di Bukit Surowiti Jadi Tempat Mencari Wangsit

FOKUSATU – Bukit Surowiti yang berada di Desa Surowiti, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur dipercaya sebagai tempat keramat. Lokasi ini sering didatangi oleh kelompok pecinta spiritual atau orang yang percaya akan hal mistis. Kawasan tersebut juga dikenal sebagai petilasan Sunan Kalijaga.

Di lokasi perbukitan Surowiti ini terdapat banyak gua (goa) yang sering digunakan oleh orang-orang untuk melakukan ritual dengan maksud tertentu. Bahkan, konon yang datang melakukan ritual di tempat ini para calon pejabat maupun calon legislatif dari partai politik. Tujuannya adalah agar keinginannya terkabulkan.

Biasanya mereka melakukan ritual dengan cara membakar dupa lidi hingga bermalam di pesarean (makam), yang ada di area gua. Salah satu gua atau goa yang dijadikan tempat ritual di Bukitan Surowiti ini adalah Goa Langsih.

Menurut Ki Hartono Soponingrat, pemangku adat tiga situs di Surowiti mengungkapkan, yang melakukan ritual di gua Bukit Surowiti bervariasi tujuannya. Para pencari pulung (pencari wangsit) datang dari berbagai kalangan, mulai dari kepala desa, paranormal, pejabat hingga calon legislatif.

“Gua ini sering didatangi orang untuk maksud tertentu, yang biasanya datang bersama para penasihat spiritualnya. Namun, ada juga yang meminta bantuan saya untuk membimbing ritual,” ujarnya.

Ki Hartono juga menceritakan, dulu pernan ada seorang perempuan yang pingin jadi anggota DPRD Gresik yang meminta untuk didoakan. “Ya saya buat ritual untuk membantu dia dari sisi spiritual,” katanya.
Di area Bukit Surowiti memang terdapat makam dari para pengikut atau murid dari Sunan Kalijaga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *