Wisata Edukatif Goa, Zoologi dan Museum Batu Istana Maharani

Wartahot – Terletak kurang dari 500 m jalan Gresik-Tuban, kecamatan Paciran Lamongan, Gua Istana Maharani merupakan salah satu objek wisata geologi yang layak Anda Kunjungi.
Keunikan goa Istana Maharani tak kalah menarik dengan goa-goa ternama yang ada di Indonesia. Bahkan goa ini disejajarkan dengan goa-goa di luar negeri yang sudah menjadi obek wisata terkenal.
 Lokasi Goa Istana Maharani cukup strategis, disekitarnya banyak dikunjungi sebagai perjalanan wisata ziarah ke makam-makam Walisongo. Disebelah timur Goa Istana Maharani terdapat makam Sunan Drajat. Sedang di selatan gua, kurang lebih 1,5 km terdapat situs makam Sunan Sendang Duwur yang berada pada gunung Amitunon, tempat perabuan mayat dizaman Majapahit dan Singosari.
Dengan luas yang besar yakni 2500 m2, dibutuhkan waktu kurang lebih setengah jam untuk mengitarinya dengan mennyusuri tangga dan jalan setapak. Pada bagian atas goa telah dibuatkan jalan angin berupa blower kipas angin yang menembus batu setebal lima meter.
Berbagai lampu sorot warna-warni memperkuat dan memperjelas sisi-sisi goa yang memang penuh dengan berbagai bentuk maupun ornamen dari bebatuan stalagtit. Ornamen bebatuan stalagtit tersebut cukup unik, ada yang berbentuk mirip singgasana raja ada pula yang mirip flora dan fauna. Total ada puluhan nama yang mewakili sekelompok tertentu dari batuan goa.  Goa Istana Maharani ditemukan oleh 6 penggali tanah coral pada 6 Agustus 1992. Luasnya kurang lebih 2. 500 m2 dengan kedalaman 25 m dari permukaan tanah.  (GBR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *