Tambahan Kuota Haji 10 Ribu Kuota Haji Indonesia Jadi 221 Ribu

WARTAHOT – “Kami berterima kasih atas tambahan kuota haji Indonesia 10 ribu orang kepada Pemerintah Arab Saudi dalam pelaksanaan Haji Tahun 2017,” ucap Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto sebagai Ketua Tim Pengawas Haji di hadapan Dubes Arab Saudi Osamah Mohammed Alshuibi.

Arab Saudi menerima dengan baik atas usulan penambahan kuota tersebut dan Dubes Arab Saudi menyatakan kesiapannya atas tambahan kuota haji Indonesia terkait logistik serta akomodasi. Apalagi, jemaah haji Indonesia, katanya, paling disiplin dan tertib.

“Penambahan kuota haji sudah lama diperjuangkan. Bahkan menjadi calon haji bisa 10-14 tahun harus menunggu. Itu kita sampaikan juga kepada para petinggi di Arab Saudi. Inilah hasil dari semua usaha, tidak hanya oleh DPR tapi juga oleh pemerintah, untuk memperoleh tambahan kuota tersebut,” ungkap Agus.

Seperti diketahui, selama Masjidil Haram dalam pengerjaan perluasan daya tampung, kuota haji Indonesia sempat dikurangi. Kini, kuota tersebut sudah dikembalikan normal sebesar 211 ribu jemaah. Bahkan, pada pelaksanaan haji 2017 ini, Pemerintah Arab Saudi menerima usualan Indonesia untuk menambah kuota 10 ribu lagi, sehingga menjadi 221 ribu jemaah.

Dubes Arab Saudi Osamah Mohammed Alshuibi juga menyampaikan rencana kedatangan Ketua MPR Arab Saudi ke Indonesia pada pertengahan Februari nanti. Sekaligus kunjungan Raja Salman bin Abdul-Aziz Al Saud pada awal Maret mendatang.

Kunjungan ini bersifat historis karena Raja Salman akan berada di Indonesia sepekan lebih dan ini adalah kunjungan kepala negara yang paling lama di Indonesia. Kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi akan sangat monumental bagi kedua negara. Pasalnya, pada kunjungan tersebut, Raja Arab akan  didampingi oleh hampir seluruh jajaran menteri dan pejabat negara Saudi Arabia.

Dengan rombongan lebih dari 800 orang itu, Dubes Arab Saudi Osamah Mohammed Alshuibi mengharapkan menjadi moment yang sangat penting bagi kedua negara untuk meningkatkan hubungan kerjasama. (Tjo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *