Posting Foto Hoax, Facebook Digugat Pengungsi Suriah

WARTAHOT – Seorang pengungsi Suriah, yang foto swafotonya bersama Kanselir Jerman Angela Merkel sempat menjadi fenomena viral, menuntut Facebook karena dianggap membiarkan foto lain, yang menggambarkan dirinya sebagai penjahat dan teroris, tersebar dan dianggapnya sebagai berita bohong (hoax).

Anas Modamani, seorang pengungsi berusia 19 tahun dari Damaskus, sempat berfoto bersama Merkel saat sang kanselir mengunjungi satu penampungan pengungsi di distrik Spandau, Berlin, pada September 2015.

Foto itu menggambarkan secara sempurna respon Jerman menanggapi krisis pengungsi. Saat itu, Merkel menerapkan kebijakan terbuka bagi ratusan ribu pencari suaka ke negerinya.

Namun, Modamani foto lainnya tersebar lagi beberapa bulan setelah selfie dengan Merkel, dan juga viral di Facebook. Dia dianggap bertanggung jawab atas sejumlah serangan dan pembunuhan teror, termasuk pengeboman di Bandar Udara Brussel pada Maret 2016.

Facebook berulang kali menolak menghapus foto-foto yang dianggap menyesatkan itu karena berargumen tidak melanggar aturan perusahaannya, kata pengacara Modamani.

“Setiap terjadi sesuatu dalam berita terkait pengungsi, fotonya selalu muncul kembali,” kata pengacara Modamani, Chan-jo Jun, kepada Reuters melalui sambungan telepon dan dikutip Antara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *