Meski Khawatir, Trump Bukanlah 'Orang Asing'

WARTAHOT – Donald Trump telah resmi dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat ke-45 dan Wakil Ketua DPR RI bidang Koordinator Ekonomi dan Keuangan, Taufik Kurniawan yakin, hubungan Indonesia dengan AS akan lebih baik lagi. Apalagi Trump bukanlah orang “asing” bagi sebagian kalangan di dalam negeri.

Memang, berbagai kekhwatiran bermunculan khususnya proyeksi-proyeksi kebijakan politik dan ekonomi AS di bawah kepemimpinannya. Namun, sebagai bangsa yang berdaulat dan memiliki prinsip politik luar negeri yang bebas dan aktif serta menjunjung tinggi kedaulatan negara-negara lain dalam menjalankan roda pemerintahannya, maka seharusnya kita menghormati apapun yang menjadi kebijakan Trump nanti, jelas Taufik.

Sebagai seorang pengusaha, Trump memiliki modal penting dalam rangka menjalin komunikasi yang baik, demi kepentingan politik dan ekonomi dalam negerinya. Apalagi sebagai negara penganjur demokrasi dan menjadi contoh bagaimana demokrasi dijadikan nilai dan prinsip dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Trump tentu saja akan meneruskan tradisi pemerintahan dan pola-pola kepemimpinan yang selama ini dijadikan sebagai rujukan.

Di sisi lain, pastinya  Trump memiliki kearifan tersendiri dalam menentukan kebijakan-kebijakannya. Meskipun beberapa kebijakan ekonomi Trump yang setiap saat akan menimbulkan gejolak global seperti pemangkasan pajak, kenaikan suku bunga hingga proteksionisme perdagangan. Namun daya tarik ekonomi dalam negeri kita tetap menjadi alternatif bagi negara-negara lain.

Taufik berharap kebijakan Trump tentu saja tidak serta-merta mempengaruhi ekonomi global dalam waktu dekat. Kita pun harus terus optimis dalam memandang keberadaan Trump sebagai Presiden AS, tegas Taufik. (Tjo)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *