KPK Wadah Tunggal Pemberantasan Korupsi

WARTAHOT – KPK menjadi wadah tunggal lembaga yang berwenang dalam pemberantasan korupsi memperoleh dukungan Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Benny K Harman. Oleh karenanya Polisi dan Kejaksaan tidak perlu lagi menangani kasus korupsi.
Menurut Benny, dalam praktek penanganan kasus korupsi yang ditangani teman-teman di kedua lembaga itu banyak bermasalah dan ketidakpastian. Ada yang mau maju Pilkada ditetapkan sebagai tersangka tanpa ada bukti dan saksi yang jelas. Tapi kalau KPK persepsi umum mengatakan jika KPK melakukan itu sudah pasti benar. Orang lebih trust kepada KPK.
Komisinya mendorong terkait rencana penerbitan Perppu KPK yang salah satunya tentang kuasa tunggal pemberantasan korupsi. Tidak hanya itu, dalam rencana Perppu juga tercantum kuasa tentang kuasa untuk melakukan rekrutmen penyidik KPK. Kedua isi Perppu sejatinya sudah diperjuangkannya dalam pemerintahan terdahulu. Bahkan menurutnya Keputusan Mahkamah Konstitusi terhadap KPK sudah tegas, bahkan KPK berhak melakukan rekrutmen penyidik sendiri.
Benny berharap KPK juga mendorong agar pemerintah dapat segera menerbitkan rencana Perppu tersebut. Ia meyakini jika hal tersebut dilakukan Presiden maka hampir seluruh fraksi di DPR akan mendukung penerbitan Perppu tersebut. (Tjo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *