Jenazah Tan Malaka Siap Dipindahkan Dari Kediri Ke Sumbar

WARTAHOT – Prosesi penjemputan makam Tan Malaka ini dimulai dengan pelepasan delegasi ke Kediri, melalui acara pemukulan batu alam cagar budaya bernama ‘Batu Talempong’ di kawasan Talang Anau, sekitar 15 kilometer dari lokasi Rumah Tan Malaka.

Pemukulan Batu Talempong itu bertujuan untuk mengimbau kepada masyarakat untuk menjadi bagian sejarah dalam proses pemindahan makam Tan Malaka. Dalam budaya warga sekitar, prosesi itu disebut ‘malewakan ka nan rami, menyerak ka nan banyak’.

Sejumlah delegasi akan dikirim ke Kediri Jawa Timur untuk menjemput jenazah Tan Malaka yang dimakamkan di sana.

Makam Ibrahim Datuk Tan Malaka akan dipindahkan dari Kediri Jawa Timur ke kampung halamannya di Nagari Pandam Gadang Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota-Sumatra barat.

Wali Nagari Pandam Gadang Khairul Apit mengatakan pemindahan makam sangat penting untuk meluruskan sejarah tentang Tan Malaka yang selama ini ‘dikaburkan’.

“Ada beberapa pihak yang sengaja memplesetkan perjuangan-perjuangan Tan Malaka, dan mengaitkan beliau dengan golongan kiri atau komunis. Tan Malaka itu tidak seperti yang dibayangkan orang,” kata Apit kepada wartawan di Bukit Tinggi, Iwan Rakelta.

Selain itu, Apit berharap generasi muda di daerahnya lebih mengenal perjuangan Tan Malaka.

“Kita nanti ingin bagaimana supaya memotivasi kembali semangat nasionalisme kepada pemuda-pemuda di sini (Sumbar), jadi mereka lebih banyak mengenal kisah heroik yang dilakukan Tan Malaka ketika beliau berjuang”, jelas Apit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *