Diterpa Hujan Badai, Sukabumi Dan Jember Banjir

WARTAHOT – Hujan deras disertai angin yang berlangsung lebih dari empat jam menyebabkan banjir di kawasan pesisir Pelabuhan Ratu Sukabumi Provinsi Jawa Barat dan puting beliung di Kabupaten Jember Jawa Timur, Sabtu.

Berdasarkan keterangan tertulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyebutkan banjir melanda pesisir Pelabuhan Ratu mulai pukul 09.00 WIB.

“Daerah yang terendam meliputi Kampung Babakan Gumelar Kelurahan Pelabuhan Ratu Kecamatan Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi,” kata Sutopo.

Selain itu kawasan pelabuhan dan tempat pelelangan ikan Pelabuhan Ratu juga terendam banjir. Data sementara tidak ada korban jiwa dan lebih dari 20 rumah terdampak akibat banjir.

Sementara puting beliung menerjang Desa Lampeji dan Desa Karang Kedawung Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur pada Jumat (13/1) pukul 14.30 WIB.

Puting beliung menyebabkan 186 rumah rusak dan empat orang luka ringan tertimpa pohon dan bangunan yang roboh.

Di Desa Lampeji puting beliung terjadi di dua dusun yaitu di Dusun Peji Mangar yang terdapat 139 rumah rusak meliputi 126 rumah rusak ringan, 12 rumah rusak sedang dan 1 rumah rusak ringan.

Dusun kedua ialah Dusun Curah Laos dengan 35 rumah rusak ringan. Sedangkan di Dusun Peji Talang Desa Karang Kedawung terdapat 10 rumah rusak ringan, satu rusak sedang dan satu rusak berat.

“BPBD Jember bersama dengan TNI, Polri dan warga melakukan pembersihan puing-puing dan dampak puting beliungan. Bantuan telah disalurkan kepada korban,” demikian Sutopo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *