Berlibur Dengan Kereta Api Wisata, Yuk!

Wartahot – Berlibur dengan Kereta wisata kini banyak dilirik para wisatawan, seperti halnya robongan para pejabat Pemda DKi Jakarta ketika berlibur ke Jogjakarta. Selain cepat, kereta wisata yang dikelola oleh anak usaha PT KAI, PT Kereta Api Pariwisata ini juga memberikan kenyamanan ekstra kepada para penumpangnya. Moda transportasi ini sedikitnya memiliki beberapa fasilitas ekstra dibandingkan dengan kereta reguler pada umumnya.

Kereta wisata yang sudah dioperasikan secara komersil sejak tahun 2000 ini terdiri dari 7 tipe dengan kapasitas dan fasilitas yang berbeda. Antara lain Bali kapasitas 20 orang, Toraja 22 orang, Nusantara 19 orang, Jawa 22 orang, Sumatera 22 orang, Imperial 20 orang, Priority 28 orang.

Kereta Wisata merupakan fasilitas kereta super mewah yang di sewakan oleh PT KAI dalam hal ini Indorailtour untuk keperluan wisata bersama keluarga. Jadi ada kereta sendiri yang terintegrasi oleh kereta reguler sesuai dengan tujuan penyewa kereta wisata.

Kereta Wisata BALI yang kental dengan nuansa interior Bali. Kawis Bali mempunyai kapasitas 20 tempat duduk, 16 di ruang utama (meeting room) dan 4 di ruang VVIP.

Kereta Wisata Nusantara yang kental dengan budaya Nusantara. Kawis Nusantara mempunya kapasitas tempat duduk 19 terbagi dalam 13 di ruang utama dan 6 di ruang VVIP.

Besaran tarif kereta wisata juga beragam. Harga yang ditawarkan sesuai dengan fasilitas dan makanan yang didapatkan.  Untuk tarif makanan ke Bandung misalnya di kisaran harga Rp 13-14juta, tanpa makanan Rp 11 juta. Yogyakarta tarif makanan Rp 20 juta sedangkan tanpa makanan Rp 16 juta. Dalam pengoperasiannya, kereta wisata digabung dengan rangkaian kereta eksekutif reguler yang melayani berbagai tujuan ke Pulau Jawa. (Gbr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *