Berburu Kuliner Sekaligus Mengenal Kota Magelang Tempo Dulu

WARTAHOT –  Jika  kebetulan Anda sedang travelling di Magelang dan hendak mencoba sensasi kuliner Magelangan, Restauran Voor de Tidar inilah layak di nikmati sebagai kuliner khas kota Magelang.
Restoran  Voor de Tidar terletak di Jalan Gatot Subroto 58 Magelang (Depan Lapangan Golf Borobudur – Komplek Akademi Militer). Sepintas, warung makan ini terlihat biasa, namun begitu anda masuk, maka anda akan merasakan sensasi tempo dulu.
Ya, Voor de Tidar ini memang merupakan warung makan yang mengusung konsep klasik tempo doeloe. Hal ini tidak terlepas dari sang pemilik Tony Kusumohadi, yang memang merupakan aktivis komunitas Kota Tua Magelang.
Di restoran ini pula tempat kumpulnya para pecinta bangunan kota tua Magelang, kata Tony.  yang juga berupaya untuk lebih menggali informasi tentang sejarah dan berusaha melestarikan berbagai peninggalan cagar budaya (tangible dan intangible) yang ada di Kota Magelang dan sekitarnya.
Selain desain arsitekturnya  bergaya Kolonial, begitu memasuki pelataran restoran ini anda akan langsung disuguhui deretan foto-foto kota Magelang masa Kolonial. Ditambah lagi dengan alunan musik klasik berbahasa Belanda, ini makin menambah suasana restoran bak pusat pemerintahan Belanda.
Menu spesial di  Voor de Tidar memang fokus pada makanan tradisional Jawa, diantaranya adalah Ayam kampung goreng, ayam pandan, belut goreng, ayam laos, nasi goreng, bakmi goreng, bakmi godhog, sate serai, sego abang (nasi merah), sampai aneka gorengan. Minuman pelengkap-nya pun selain Es Teh dan Es jeruk. Voor de Tidar juga menyediakan minuman klasik tempo dulu, yaitu wedang serai, wedang serai, wedang uwuh, kunir asem, teh rosela, juga wedang secang. Di resto ini, anda tak perlu merogoh kocek yang dalam, semua menu makanan di minuman di warung makan ini harganya sangat terjangkau. (gbr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *